Jumat, 19 April 2024

Longsor dan Pohon Tumbang, Jalur Gumitir Dibuka Tutup

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas membersihkan jalur di kawasan Gunung Gumitir akibat longsor dan pohon tumbang di Jalan Jember-Banyuwangi, Senin (20/9/2021). Foto: BPBD Jember

Petugas memberlakukan buka-tutup jalur untuk semua kendaraan di kawasan Gunung Gumitir saat terjadi tanah longsor dan pohon tumbang di Jalan Jember – Banyuwangi, Desa Sidomulyo, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin (20/9/2021).

“Petugas terpaksa membuka tutup jalur di Gumitir untuk membersihkan material longsor yang menutup sebagian badan jalan,” kata Heru Widagdo Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember seperti dilaporkan Antara.

Menurutnya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di sebagian wilayah Kecamatan Silo menyebabkan tanah longsor dan pohon yang tumbang dengan diameter sekitar 120 cm yang menutupi jalan perbatasan Jember – Banyuwangi tersebut.

“Saat kejadian longsor dan pohon tumbang, jalur di kawasan Gunung Gumitir macet total dan akses jalan baru bisa dibuka pada pukul 01.00 WIB, namun diterapkan buka tutup,” tuturnya.

Ia menjelaskan pembersihan material longsor terus dilakukan agar akses jalan satu-satunya yang menghubungkan Kabupaten Jember-Banyuwangi tersebut kembali normal.

“Saat ini alat berat sudah didatangkan untuk membersihkan material longsor dan pohon tumbang, sehingga diharapkan arus lalu lintas dapat kembali lancar setelah proses evakuasi longsoran selesai,” katanya.

Heru mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaannya selama melintasi jalur Gunung Gumitir saat hujan deras dan angin kencang karena sepanjang kawasan tersebut terdapat sejumlah titik rawan longsor dan pohon tumbang.

“Pohon tumbang juga terjadi pada Minggu (19/9/2021) pukul 10.00 WIB yang menimpa pengendara mobil dan menyebabkan arus lalu lintas juga macet total,” ujarnya.

Menurutnya tidak ada korban jiwa dalam dua hari kejadian pohon tumbang dan longsor di jalur Gumitir, namun pohon tumbang sempat menimpa mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi P 1668 XC, namun pengemudi selamat dan tidak mengalami luka.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs