Kamis, 2 Mei 2024

Luncurkan Aplikasi Indago, Gus Muhdlor Ingatkan Sosialisasi ke Masyarakat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat menyampaikan sambutan dalam peluncuran aplikasi Indago di Sidoarjo, Kamis (27/5/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo meluncurkan aplikasi pelayanan bidang perdagangan bertajuk Aplikasi Informasi Data Perdagangan Kabupaten Sidoarjo (Indago).

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo meluncurkan Aplikasi Indago ini dalam sebuah kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kabupaten Sidoarjo, Kamis (27/5/2021) kemarin.

Tjarda Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo menjelaskan, aplikasi Indago adalah aplikasi pelayanan di bidang perdagangan berkonsep web base.

“Semua aktivitas terkait bidang perdagangan di Kabupaten Sidoarjo akan tersimpan di aplikasi ini. Ada fitur prexim untuk perdagangan ekspor-impor, toko swalayan, juga harga bahan pokok,” katanya.

Dia menjanjikan, di masa yang akan datang, dinasnya akan menambah lagi fitur-fitur aplikasi Indago yang disesuaikan dengan aktivitas pelaporan dan pendataan bidang perdagangan oleh masyarakat.

Bupati Sidoarjo yang akrab disapa Gus Muhdlor menyambut baik inovasi Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan protokol kesehatan.

Sejak beberapa waktu terakhir, Pemkab Sidoarjo di bawah kepemimpinan Gus Muhdlor-Subandi memang mengarahkan pelayanan publik dengan layanan digital. Sejumlah OPD telah berinovasi.

Namun, kata Muhdlor, ada satu kelemahan berkaitan inovasi pelayanan digital di Kabupaten Sidoarjo. Inovasi pelayanan digital berupa aplikasi ini kurang tersosialisasi ke masyarakat.

“Jadi kasus di Dispendukcapil merupakan suatu arahan, aplikasinya saja yang ada tapi masyarakat tidak menggunakan karena tidak tahu. Aplikasi Indago ini jangan sampai seperti itu,” katanya.

Gus Muhdlor berharap, di masa yang akan datang, semua pelayanan digital di Kabupaten Sidoarjo terintegrasi dalam satu rumah. Sehingga cukup sekali download, masyarakat bisa mendapatkan seluruh layanan. (den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
31o
Kurs