Jumat, 3 Desember 2021

Maharu Ubaya 2021 Mulai Memasuki Kehidupan Kampus Sesungguhnya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penutup seluruh rangkaian MOB 2021, digelar Universitas Surabaya secara virtual. Foto: humas Ubaya

Penutup serangkaian kegiatan MOB (masa orientasi bersama) 2021 sekaligus mengapresiasi seluruh karya mahasiswa baru (maharu) yang telah berpartisipasi dalam kompetisi Rektor Cup Ubaya 2021, kegiatan ini diikuti oleh seluruh maharu Ubaya secara virtual, sekaligus penanda dimulainya kehidupan kampus yang sesungguhnya.

Hari Apresiasi Seni adalah puncak perayaan kegiatan MOB Ubaya 2021. Kegiatan MOB Ubaya tahun ini mengusung tema: Metamorphosis : How to Adapt and Adopt in Era of Transformation, dengan tagline: Kita Brahmari Nyaya. Perayaan Hari Apresiasi Seni menjadi penanda bahwa maharu sudah selesai mengikuti serangkaian kegiatan orientasi kampus di lingkungan universitas maupun fakultas masing-masing. Maharu mulai menjalani kehidupan kampus sesungguhnya.

“Selamat kepada maharu telah berhasil menyelesaikan serangkaian kegiatan MOB dengan sangat baik. Kami bangga melihat semangat dan antusiasme maharu selama mengikuti MOB,” terang Dr. Ir. Benny Lianto, MMBAT., Rektor Ubaya, Sabtu (7/8/2021).

Benny Lianto menambahkan jika selama berproses dan belajar di Ubaya maharu tidak hanya fokus pada pembentukan aspek akademis saja, tetapi juga mendorong dan memotivasi maharu untuk terus dan ikut serta mengembangkan bakat serta minat mereka pada bidang-bidang non akademis. Melalui Hari Apresiasi Seni diharapkan dapat memberikan energi positif bagi maharu untuk terus mengembangkan bakat dan minatnya meskipun di masa pandemi.

“Hari ini di Hari Apresiasi Seni kita akan menampilkan dan menyaksikan bagaimana kreativitas, inovasi dan karya-karya maharu 2021. Bagi maharu yang sudah memiliki bakat non akademis, ayo terus dikembangkan secara konsisten. Ubaya ada banyak wadah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang akademis maupun non akademis. Mari kita bersikap positif, optimis, terus berkarya, membangun kepedulian pada sesama dan jangan menyerah dengan situasi saat ini,” tambah Benny.

Sebelum Hari Apresiasi Seni digelar, terdapat acara Rektor Cup Ubaya yakni kompetisi persahabatan yang diadakan rutin setiap tahun untuk maharu Ubaya. Maharu mewakili fakultas masing-masing dan bersaing untuk menunjukkan keterampilan, karya dan bakat mereka. Rektor Cup Ubaya digelar secara virtual. Tahun ini terdapat tiga cabang lomba yang diadakan yaitu cabang penalaran, cabang seni, dan cabang olahraga. Cabang lomba tersebut memudahkan maharu memilih kompetisi mana yang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.

Pada cabang penalaran maharu dapat bebas memilih mengikuti lomba debat bahasa Indonesia, debat bahasa Inggris, karya tulis ilmiah, PKM – gagasan tertulis, atau video pendek. Sedangkan cabang seni terdiri dari lomba cipta lagu, band, desain poster, MC formal, paduan suara, short comic, solo singer, dance, face painting, fotografi dan stand up comedy. Maharu yang gemar bermain gim juga dapat mengikuti lomba pada cabang olahraga yaitu Dota 2, Mobile Legends, PUBG, chess online, dan virtual run.

Pengumuman pemenang Rektor Cup Ubaya 2021 dan berbagai karya maharu ditampilkan saat acara Hari Apresiasi Seni dalam media sosial YouTube dan Instagram MOB Ubaya 2021. Disamping itu, terdapat juga penampilan spesial dari penyanyi, seleb TikTok, dan konten kreator Indonesia yaitu Brigita Meliala atau lebih dikenal dengan nama panggung Idgitaf.

“Kami sangat senang dengan semangat maharu di setiap sesi kegiatan MOB Ubaya 2021. Semoga semangat itu tetap melekat pada maharu Ubaya selama menjalani proses kehidupan di kampus. Kami mengucapkan selamat datang dan selamat belajar di kampus tercinta, kampus multikultur, Ubaya,” pungkas Yulanda Antonius S.Si., M.Sc., Ketua Panitia MOB 2021 dan Dosen Fakultas Teknobiologi Ubaya.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
26o
Kurs