Kamis, 25 April 2024

Mahasiswa dan Warga Papua Gelar Acara Seni Budaya untuk Bantu Korban Bencana Semeru

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penampilan mahasiswa asal Papua dalam acara "Pray For Semeru, Open Donasi" di halaman parkir Ruko EsTe Square, Sabtu malam (18/12/2021). Foto: Istimewa

Mahasiswa dan warga Papua yang ada di Surabaya menggelar acara “Pray For Semeru, Open Donasi” di halaman parkir Ruko EsTe Square, Sabtu malam (18/12/2021). Tema yang diangkat untuk aksi sosial itu adalah “Kitorang beri bukan karena punya harta, tapi Kitorang punya hati”.

Acara dibuka dengan pemuda dan pemudi berpakaian adat Papua menyajikan Tari Persahabatan, yang menggambarkan bentuk sapaan akrab untuk undangan.

Marten Carel Korwoa, tokoh Papua yang juga Ketua IKAL Jawa Timur, mengatakan, warga Papua di Surabaya prihatin dan peduli dengan musibah yang dialami warga Lumajang akibat erupsi Gunung Semeru.

“Kami warga Papua di Surabaya ikut peduli dengan musibah Gunung Semeru. Untuk itu kami berkumpul di sini, mengumpulkan donasi untuk saudara-saudara kita di Lumajang. Jadi, derita masyarakat Lumajang juga derita kita, kita ikut peduli,” kata Martel seperti dalam keterangan tertulis yang diterima, Minggu (19/12/2021).

Menurutnya, kepedulian dan dukungan tak hanya diberikan untuk korban erupsi Gunung Semeru. Jika ada musibah di daerah lain di Indonesia, pihaknya juga akan bergerak.

“Kepedulian seperti ini, tak hanya untuk warga korban erupsi Semeru. Seluruh wilayah NKRI juga menjadi bagian dari kita,” ujar dia.

Nandy Gire Kogoya Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (IPMAPA) Surabaya menambahkan, yang dilakukan adalah wujud kepedulian antar sesama. Penggalangan donasi menjadi kewajiban yang dilakukan, karena masyarakat Papua juga bagian dari NKRI.

“Kita ikut merasakan musibah masyarakat Lumajang yang tertimpa erupsi Gunung Semeru. Kami kumpulkan donasi dan akan kami antar sendiri ke lokasi bencana,” kata Nendy Gire.

Terpisah Mewakili Pemerintah Kota Surabaya, Ikhsan Asisten Wali Kota Surabaya menambahkan, pihaknya sangat mendukung malam penggalangan dana yang dilakukan masyarakat Papua di Surabaya. Dia wewakili Bapak Wali Kota Surabaya yang tak bisa hadir karena ada kegiatan lain.

”Saya berterima kasih dan bersyukur saudara kita Masyarakat Papua turut peduli pada saudara kita yang lain di Lumajang dan Malang yang tertimpa musibah,” kata Ikhsan.

Bantuan dari masyarakat Papua di Surabaya yang berupa paket Sembako serta uang tunai segera disalurkan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Semeru. “Siang kami juga sudah memberangkatkan bantuan ke Lumajang dari beberapa elemen masyarakat di Surabaya. Dan, saat ini, juga akan segera kita susulkan,” katanya.

Dia menambahkan bahwa warga Papua juga bagian dari arek-arek Suroboyo. (iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs