Jumat, 3 Desember 2021

Mantan Paskibra Provinsi Jatim TA. 2021, Ship’s Tour ke Koarmada II

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Sebagian anggota Paskibra Jawa Timur 2021 saat berada di atas KRI Frans Kaisiepo 368, Rabu (18/8/2021). Foto: Humas Dispen TNI AL

Sebanyak 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Provinsi Jawa Timur TA. 2021 yang telah sukses melaksanakan upacara penaikkan dan penurunan bendera pada peringatan HUT ke-76 RI didampingi Supartomo Kadispora Jatim, Rabu (18/8/2021) laksanakan kunjungan ke Monumen Jalesveva Jayamahe, Ships Tour ke KRI Dewaruci dan KRI Frans Kaisiepo (FKO 368) di dermaga Madura Koarmada II.

Pada kunjungan ini para mantan Paskibra Provinsi Jatim TA. 2021 mendapatkan berbagai pengalaman dan ilmu pengetahuan tentang kebaharian juga wawasan kebangsaan serta tatacara rekrutmen untuk menjadi prajurit TNI AL. Sedangkan pada kunjungannya di KRI FKO 368 para mantan Paskibra berkesempatan untuk melihat langsung sistem persenjataan canggih yang ada di PIT.

Letkol Laut (P) M. Sati Lubis, S.T.,M.Sc.,CHRMP., Komandan KRI Dewaruci yang menyambut secara langsung kunjungan 76 putra putri yang terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera di Provinsi Jatim ini mengenalkan sejarah KRI Dewaruci dan melihat dari dekat KRI Dewaruci mengembangkan layar planjib, layar jib luar, layar jib tengah, layar jib dalam dan melaksanakan Tour Ship.

Letkol Lubis juga menjelaskan bahwa Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto SH, M.A P, M.Tr.(Han) juga pernah terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka pada Tahun 1982 mewakili Kota Tuban, Jawa Timur.

“Laksda TNI Dr. Iwan juga merupakan mantan Komandan Upacara pada Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-65 tahun 2010 di Istana Negara, Jakarta. Melalui seleksi ketat para kandidat dari Korps Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Kepolisian harus menjalani serangkaian tes sebelum didapuk menjadi Komandan Upacara,” terang letkol Lubis, Rabu (18/8/2021).

Sementara itu Laksda TNI Iwan Isnurwanto SH, M.A P, M.Tr.(Han) Pangkoarmada II, dalam sambutannya berpesan kepada 76 mantan Paskibra Provinsi Jatim TA. 2021 apabila ingin bergabung menjadi prajurit TNI AL baik Taruna, Bintara maupun Tamtama agar menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya.(tok/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
30o
Kurs