Jumat, 29 Maret 2024

Cari Solusi Soal Nutrisi Anak, Unusa Terima Hibah Unicef

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kampus Unusa. Foto: Humas Unusa

Bantu carikan solusi persoalan nutrisi pada anak, sebagai bagian dari upaya memperhatikan nutrisi bagi masyarakat Indonesia, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) terima hibah dari the United Nations Children’s Fund (Unicef) satu diantara lembaga PBB.

Achmad Syafiuddin S.Si., M.Phil., Ph.D., Ketua LPPM Unusa, menjelaskan bahwa perolehan hibah ini merupakan capaian prestasi atas kemampuan akademisi Unusa dan kemampuan manajemen penelitian yang telah diakui dan dipercaya dunia internasional. Melalui hibah ini, Unusa turut berkontribusi membantu permasalahan nutrisi pada anak. “Unusa memiliki peran untuk memperhatikan nutrisi bagi masyarakat Indonesia,” kata Achmad Syafiuddin, Jumat (30/4/2021).

Unicef merupakan satu organisasi di bawah naungan PBB dalam memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan kesejahteraan jangka panjang kepada anak serta ibunya di negara-negara berkembang. Melalui hibah ini, Unusa menjadi partner Unicef untuk membantu pemerintah dalam mengatasi kurangnya nutrisi pada masyarakat Indonesia.

Kerja sama dengan Unicef dapat dilakukan melalui UN Partner Portal (www.unpartnerportal.org) sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat kolaborasi dengan organisasi atau lembaga di seluruh dunia sebagai Implementing Partner.

Syafiuddin menjelaskan, LPPM Unusa bersama Tim Program Studi (Prodi) S1 Gizi Fakultas Kesehatan (FKes), serta Direktorat Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, dan Alumni Unusa menyusun concept note yang diusulkan ke Unicef melalui UN Partner Portal.

“Dengan pendampingan dari Programme Associate United Nations Children’s Fund dan Bappeda Provinsi Jawa Timur. Usulan program tersebut diberi judul ‘Support to local governments on the implementation of Maternal, Child and Adolescent Nutrition Programme in East Java Province,” tambah Syafiuddin.

Sementara itu ditambahkan Wiwik Afridah, M.Kes., Direktur Perencanaan, Pengembangan, Kerja sama, dan Alumni Unusa, bahwa Unusa mendapat keputusan terkait usulan program tersebut telah dinyatakan terpilih dan diterima untuk memperoleh hibah dari Unicef. “Pelaksanaan program tersebut direncanakan akan dimulai pada tanggal 7 Mei 2021 mendatang sampai dengan akhir tahun 2021,” pungkas Wiwik Afridah.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs