Selasa, 25 Januari 2022

Alumni Unusa Kembangkan Aplikasi untuk Mempermudah Perjalanan Wisata

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Aplikasi start up Lokania karya alumni prodi Sistem Informasi Unusa. Foto: humas Unusa

Bantu kemudahan berwisata, alumni prodi S1 Sistem Informasi (SI) Unusa, hadirkan Lokania. Aplikasi travelling yang membantu memberikan kemudahan masyarakat atau siapa pun yang akan berwisata. Mulai dari pemesanan tiket perjalanan wisata sampai dengan pemesanan hotel.

Ke empat alumni itu adalah Mas Syahdan Filsafan, Mochamad Arifin, Yusnida Situmorang, dan Lathifatul Afifah. Ke empat orang inilah pelopor pembuatan start up Lokania. Dikerjakan sejak bulan Januari 2021, dan hingga saat ini masih terus dilakukan penyempurnaan.

“Aplikasi sudah bisa digunakan, banyak masyarakat yang menggunakan aplikasi ini melalui web maupun download di Play Store. Sampai saat ini masih terus kami sempurnakan, supaya nantinya lebih lengkap dan dapat dipakai secara maksimal oleh masyarakat atau mereka yang ingin melakukan travelling,” terang Syahdan sapaan Mas Syahdan Filsafan, Senin (3/5/2021).

Selain itu, Aplikasi ini membantu pihak penglola travel atau perjalanan wisata ketika mengadakan acara perjalanan liburan. “Jadi memudahkan untuk mencari peserta trip perjalanan, Lokania hanya berfungsi untuk menjembatani antara pihak travel dengan peserta trip. Atau perjalanan wisata,” tambah Syahdan.

Pengguna aplikasi ini, seperti dijelaskan Syahdan, hingga saat ini sudah tercatat sekurangnya lima ribu pengunjung web dan pengunduh melalui layanan di Play Store. Dengan mendapatkan rating sebesar 4,8 di Play Store.

Lokania sudah bekerja sama dengan sekurangnya 80 hotel yang ada di Jawa Timur dan Jawa Barat. Selain itu, Lokania bekerja sama dengan Pemkab Nganjuk untuk satu di antara tempat wisata. “Jadi ada enam tempat wisata yang bisa diakses di Lokania,” kata Syahdan.

Dengan membuat Lokania, Syahdan membuktikan jika lulusan Unusa bisa bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. “Selain itu, semoga banyak mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) untuk mulai start up yang saat ini telah berkembang pesat di Indonesia,” pungkas Syahdan.(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 25 Januari 2022
32o
Kurs