Sabtu, 20 April 2024

Omicron Serbu Indonesia, Luhut Minta Semua Tidak ke Luar Negeri Dulu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi. Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengungkapkan, per hari Minggu (26/12/2021), tercatat ada 46 kasus infeksi Virus Corona Varian Omicron di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, mayoritas atau sekitar 98 persen yang terinfeksi adalah orang yang baru pulang dari luar negeri.

Baca juga: Kasus Omicron di Indonesia Jadi 46 Kasus

Sedangkan satu orang petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, terinfeksi seorang Pekerja Migran Indonesia yang menjalani karantina sepulangnya dari Nigeria.

Berdasarkan data dan fakta tersebut, pemerintah kembali mengimbau masyarakat untuk menunda perjalanan ke luar negeri, kalau tidak ada urusan mendesak.

Baca juga: Malaysia Selidiki Kasus Omicron yang Libatkan WNI

“Hampir seluruhnya yang terinfeksi Omicron pelaku perjalanan dari luar negeri, dari berbagai negara. Saya minta betul-betul perhatian kita semua untuk tidak ke luar negeri dulu, kecuali ada pekerjaan yang memaksa harus pergi,” ujarnya dalam keterangan pers virtual, Senin (27/12/2021), dari Jakarta.

Baca juga: Kemenkes Belum Menemukan Gejala Khusus pada 8 Pasien Terinfeksi Varian Omicron

Lebih lanjut, Luhut Pandjaitan bilang, risiko gejala berat dan fatalitas pada orang yang terinfeksi Virus Corona B.1.1.529, lebih rendah dibandingkan Varian Delta.

Walau begitu, Koordinator Penanganan Covid-19 wilayah Jawa dan Bali mengingatkan seluruh masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, dan segera vaksinasi.

Sekadar informasi, Varian Omicron pertama kali terdeteksi menyebar di negara-negara Afrika bagian selatan. Sekarang, virus hasil mutasi itu sudah tersebar di 115 negara dunia.(rid/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs