Jumat, 14 Juni 2024

Pameran Lukisan Bung Karno, Ingatkan Sosok Proklamator dan Bapak Bangsa

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara karya dengan penampilan wajah Bung Karno pada pameran Pancasila dan Bung Karno di Untag. Foto: Budi Bi untuk suarasurabaya.net

Puluhan lukisan karya sejumlah Seniman lukis dipamerkan di kampus Universitas 17 Agustus (Untag) Surabaya, Kamis (24/6/2021). Pameran ini bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih mengenal sosok Soekarno Sang Proklamator sekaligus Bapak Bangsa.

Sekitar 26 pelukis dari beberapa kota di Jawa Timur, termasuk dari Surabaya, menghadirkan karya-karyanya tentang sosok Soekarno dengan segala aktivitas di sekitarnya. Tak pelak pameran yang dibuka Armuji Wakil Wali Kota Surabaya itu mengingatkan lagi soal kehadiran dan keberadaan Soekarno sebagai proklamator, seorang presiden pertama Republik ini.

Di tangan para pelukis, Soekarno hadir dalam berbagai penampilan. Bahkan beberapa karya menampilkan Soekarno dengan kopiah hitam yang khas dan mendunia. Ada juga bunga yang ditampilkan satu di antara pelukis yang berkaitan dengan Soekarno. Yaitu seikat bunga Kimilsungia, simbol persaudaraan dan persahabatan antara Soekarno dan Kim Il-sung Pendiri Korea Utara.

“Tema pameran ini adalah Pancasila dan Bung Karno. Para seniman memang diberikan keleluasaan untuk menghadirkan sosok Bung Karno sebagai presiden, proklamator dan bapak bangsa. Dan karena itu, karya yang tampil kali ini memang tentang Bung Karno dan berbagai hal di sekitarnya, ” terang Budi Bi Koordinator Pameran, Kamis (24/6/2021).

Selain itu, kata Budi, pameran kali ini juga masih dalam rangkaian Bulan Bung Karno. Pameran yang akan berakhir Jumat (25/6/2021) besok ini juga dia harapkan didatangi para milenial agar tahu dan mengenali sosok proklamator kemerdekaan Indonesia.(tok/tin/den)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
30o
Kurs