Rabu, 19 Januari 2022

Pandemi Covid-19 Belum Usai, STIE Perbanas Wisuda Online Outdor

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Selain online, pelaksanaan wisuda di mas apandemi Covid-19 ini juga di laksanakan STIE Perbanas secara outdor. Foto: humas STIE Perbanas

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, Sabtu (6/2/2021) STIE Perbanas gelar wisuda secara online dan dengan konsep outdor. Selain mematuhi protokol kesehatan juga sebagai bagian penerapan menjaga jarak.

Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., Ketua STIE Perbanas Surabaya, menyampaikan bahwa wisuda kali ini menjadi spesial karena adanya pandemi Covid-19 dan lokasi penyelenggaraan wisuda di lokasi kampus yang baru saja ditempati. “Kampus utama kita mulai sekarang ini berada di Wonorejo. Pelaksanaannya yang outdoor, itulah mungkin jadi pembeda dari sisi acara wisuda tahun ini,” terang Yudi Sutiarso, setelah acara wisuda, Sabtu (6/2/201).

Tentang kualitas lulusan mahasiswa sekarang ini, Yudi Sutarso menilai tidak jauh berbeda meski sudah masuk pandemi Covid-19. Rata-rata yang diwisuda sekarang sudah di semester akhir pada tahun 2020 kemarin, ketika pandemi berlangsung. “Jadi, pandemi ini hanya berpengaruh di semester akhir mereka saja,” kata Yudi Sutiarso.

Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Surabaya memiliki parameter kualitas lulusan dari keterserapan masuk di dunia kerja. Sesuai survei terakhir, keterserapan lulusan STIE Perbanas Surabaya masuk dunia kerja sebesar lebih kurang 75%, dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan. “Lulusan Perbanas paling banyak di swasta karena sejatinya kampus ini memang kampus bisnis,” tambah Yudi.

Pada momen kelulusan ini, Yudi pun berharap STIE Perbanas Surabaya dalam waktu dekat ini berubah bentuk menjadi universitas. “Kemarin, kami sudah melalui tahapan akhir, yaitu visitasi lapangan. Kami terus berbenah dan berdoa agar dalam waktu dekat ini kampus kami berubah menjadi universitas,” tegas Yudi.

Sabtu (6/2/2021) ini STIE Perbanas Surabaya menggelar Wisuda Program Magister Manajemen, Program Sarjana dan Program Diploma 3 sebanyak 277 wisudawan. Rinciannya, 9 wisudawan Program Studi (prodi) Magister Manajemen, 98 Wisudawan Sarjana Akuntansi, 82 Wisudawan Sarjana Manajemen, 6 Wisudawan Sarjana Ekonomi Syariah, 56 wisudawan Diploma 3 Perbankan dan keuangan, dan 26 Wisudawan dari Diploma 3 Akuntansi.

Sedangkan wisudawan terbaik dari setiap prodi, yaitu Wiwit Afifah, S.Akt. (Sarjana Akuntansi), Anggun Permatasari, S.M. (Sarjana Manajemen), dan Muhammad Nizar, S.E. (Sarjana Ekonomi Syariah), Liesnadilla Galuh Ananta, A.Md. Bns, (Diploma 3 Perbankan dan Keuangan), dan Sesilia Maria Novita, A.Md., Akt (Diploma 3 Akuntansi).

Satu diantara wisudawan terbaik Sesilia Maria Novita, A.Md., Akt mengaku tidak menyangka atas perolehan predikat ini. Selain memperoleh Indek Prestasi Kumulatif (IPK) sebesar 3,87, Sesilia merupakan satu diantara penerima beasiswa penuh.

Selama menempuh kuliah, Sesilia tidak dikenakan biaya pendidikan alias gratis. Selain itu, alumni SMA Negeri 1 Puri Mojokerto ini terbilang aktif berorganisasi, berprestasi, dan menjadi delegasi mahasiswa di prodinya untuk mengikuti Program International College of Rajamanagala University of Technology Krungthep, Bangkok, Thailand tahun 2019.

“Saat ini fokus di karir dahulu. Setelah lulus langsung bekerja di Kantor Edwin Consultant di bagian Pajak sejak Desember tahun 2020 lalu. Sangat bersyukur bisa berkuliah di sini. Karena selain ilmu, juga mendapatkan banyak sekali pengalaman,” ujar Sesilia.

Sesil sapaan Sesilia Maria Novita, A.Md., Akt., juga berhasil menjadi Penerima Pendanaan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pengabdian Masyarakat tahun 2019 dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) VII Jawa Timur. Bahkan, Sesil juga aktif menjadi Relawan Pajak Pendampingan Tax Self Assessment di KPP. Untuk Keorganisasian, Sesil di Sie Kerohanian Kristen (SKK) dan STIE Perbanas Surabaya English Debate Comunity (EDC) STIE Perbanas Surabaya.(tok/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
24o
Kurs