Jumat, 26 April 2024

Panglima Koarmada II Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-76 TNI Angkatan Laut

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pangkoarmada II pimpin upacara peringatan HUT ke 76 TNI AL di Koarmada II. Foto: Dispen Koarmada II

Komando Armada II memperingati Hari Jadi ke-76 TNI Angkatan Laut dengan menggelar upacara militer secara langsung di Dermaga Madura Koarmada II, Jumat (10/9/2021), dengan mengikuti aturan protokol kesehatan ketat.

Laksda TNI Dr.Iwan Isnurwanto Panglima Koarmada II memimpin langsung upacara peringatan itu.

Sedangkan Komandan Upacara dipercayakan kepada Letkol laut (P) Imam Ibnu Hajar, Komandan KRI Teluk Ende -517. Sementara itu terlibat sebagai pasukan upacara satu peleton perwira, bintara, dan tamtama, juga Kowal dan PNS Koarmada II.

Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut dalam amanatnya yang disampaikan inspektur upacara menyatakan, tanpa mengurangi tugas garda utama pertahanan negara di laut TNI AL akan berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

“Oleh sebab itu, pada peringatan Hari Jadi ke-76 TNI Angkatan Laut tahun 2021, TNI AL mengangkat tema Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,” ujar Kasal.

Sementara terkait isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan Taliban di Afganistan, menurutnya itu bisa menjadi pemicu kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia.

Kasal pun mengungkapkan, jika kekuatan armada kapal perang, pasukan marinir, pesawat udara dan pangkalan yang terintegrasi dalam Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) merupakan keunggulan sekaligus warna dari TNI Angkatan Laut yang terus berbenah diri, membangun serta membina kekuatan dan kemampuan sebagai angkatan laut yang profesional, modern dan tangguh.

Kasal juga menyinggung tentang konsep Operational Ready Force, atau kekuatan yang siap dioperasikan harus diwujudkan dengan hasil nyata dengan indikator semakin banyak satuan-satuan operasi yang siap bertempur, semakin cepat dikerahkan, dan mampu berlayar, terbang serta berpatroli lebih jauh dan lebih lama di setiap medan operasi penugasan.

Di akhir amanatnya Kasal menegaskan kepada seluruh prajurit, meskipun di tengah pandemi Covid-19, tetap melaksanakan tugas-tugas operasi setiap hari dengan profesional, berani dan tangguh.

“Ketangguhan seperti inilah yang akan menjadi kunci utama bagi kita semua bersama seluruh elemen bangsa, untuk mampu bangkit kembali setelah pandemi sebagai bangsa yang kuat dan terus bertumbuh menuju Indonesia maju,” tegas Kasal.

Ikut hadir dalam upacara yakni Ir Koarmada, Kapoksahli, Danguspurla, dan Danguskamla Koarmada II, serta para Asisten Pangkoarmada II, dan Komandan Satuan. Selesai upacara dilanjutkan pemotongan tumpeng dan penyerahan tali asih kepada anggota yang memasuki masa purna tugas bertempat di Lounge Majapahit.

Perayaan hari jadi TNI AL tahun ini diperingati oleh Komando Armada II dengan menggelar sejumlah aksi sosial kepada masyarakat, baik yang tinggal di perkotaan hingga pulau terpencil, juga kepada kaum lansia.

Aksi itu yakni Donor Darah di PTA, Serbuan Vaksinasi tahap 2 bagi masyarakat maritim di Pulau Bawean, pemberian tali asih kepada Purnawirawan, warakawuri TNI AL dan juga para lansia di Panti Wreda Hargo Dedali.

Selain kegiatan sosial, juga dilaksanakan Upacara Ziarah ke TMP Kusuma Bangsa , dan doa bersama untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah berjasa di TNI Angkatan Laut.(tok/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs