Minggu, 29 Mei 2022

Panglima TNI Serahkan Kunci Rumah untuk Ahli Waris Prajurit KRI Nanggala 402

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Panglima TNI menyerahkan kunci rumah secara simbolis kepada perwakilan dari 53 ahli waris Prajurit Nanggala 402 yang telah gugur, Kamis (11/11/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Pemerintah tengah membangun perumahan khusus untuk ahli waris 53 prajurit KRI Nanggala 402 yang gugur saat latihan tembak torpedo di Laut Bali, 21 April lalu, yang diberi nama Perumahan Pahlawan Nanggala 402.

Perumahan itu dibangun di Desa Kedung Kendo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo di lahan seluas kurang lebih 2 hektare dengan berbagai tipe menyesuaikan pangkat prajurit.

Ada empat tipe rumah yang dibangun. 1 unit rumah tipe 90 untuk perwira tinggi, 7 unit tipe 72 bagi perwira menengah, 10 unit rumah tipe 54 bagi perwira pertama, dan 35 unit rumah tipe 45 bagi prajurit bintara, tamtama, dan PNS.

Meski rumah yang dikerjakan bersama oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pangkalan Angkatan Laut (Lantamal) V itu belum tuntas, kunci rumah sudah diserahkan.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto Panglima TNI menyerahkan kunci rumah itu secara simbolis kepada perwakilan dari 53 ahli waris Prajurit Nanggala 402 yang telah gugur, Kamis (11/11/2021).

Tidak hanya itu, Hadi Tjahjanto juga menandatangani prasasti perumahan itu didampingi sejumlah petinggi Lantamal V, serta jajaran Forkopimda Pemprov Jatim dan Forkopimda Pemkab Sidoarjo.

Hadi mengatakan, pembangunan Perumahan Pahlawan Nanggala 402 itu bentuk penghormatan negara terhadap dedikasi, loyalitas, dan semangat “Tabah Sampai Akhir” para prajurit Nanggala 402.

Joko Widodo Presiden melalui Kementerian PUPR, kata dia, yang menyiapkan 53 unit rumah untuk ahli waris Prajurit KRI Nanggala 402 itu. “Semoga memberikan manfaat bagi ahli waris pahlawan Nanggala,” katanya.

Dia berharap, Desember mendatang seluruh rumah di Perumahan Pahlawan Nanggala 402 tuntas dibangun. Termasuk surat-surat kepemilikan yang dia harap juga bisa segera selesai.

“Saat ini pembangunan perumahan masih berlangsung. Saya berkeyakinan, kerja keras kementerian PUPR, BPN Sidoarjo, PP2P Wilayah IV, mitra kerja PT Paramita Multi Perkasa bisa segera menyelesaikan pembangunan ini,” ujarnya.

Panglima TNI juga mengapresiasi dukungan Khofifah Gubernur Jatim dan TNI Angkatan Laut secara umum dalam proses pembangunan perumahan khusus ahli waris para prajurit KRI Nanggala 402 itu.

Sekadar informasi pembangunan Perumahan Pahlawan Nanggala 402 itu sudah dimulai sejak 23 Agustus 2021 lalu dan ditargetkan tuntas pada 21 Desember 2021 mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan itu Laksamana TNI Yudo Margono Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksda TNI Iwan Isnurwanto Pangkoarmada II, juga Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim.

Selain itu, Mayjen TNI Suharyanto Pangdam V/Brawijaya, Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim, Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo, Letkol Inf M. Iswan Nusi Dandim 0816/Sidoarjo, dan Kombespol Kusumo Wahyu Bintoro Kapolresta Sidoarjo juga hadir.(den/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
29o
Kurs