Jumat, 29 Maret 2024

Pedagang di Pasar Dicanangkan Jadi Kelompok yang Pertama Divaksinasi Tahap Dua

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Pembatas tirai plastik wajib ada di setiap lapak penjual aneka kebutuhan di Pasar Genteng, Surabaya. Foto: Dok/Totok suarasurabaya.net

Maxi Rein Rondonuwu Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan para pedagang di pasar akan menjadi kelompok yang pertama divaksinasi Covid -19 pada tahap dua karena merupakan penggerak ekonomi.

“Saya kira pedagang di pasar ini harus mendapatkan perlindungan duluan karena salah satu penggerak ekonomi,” kata Maxi di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Rabu (3/2/2021).

Menurutnya para pedagang di pasar memang sangat rentan karena cukup sering berkontak dengan masyarakat luas yang membeli kebutuhan pokoknya ke pasar.

Sehingga langkah tersebut diambil sebagai upaya mempercepat munculnya kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Nantinya, kata dia, pihaknya bakal menerapkan sistem vaksinasi mobile kepada para pedagang pasar. Dengan demikian, pelaksanaan vaksinasi bisa memungkinkan dilakukan di sejumlah pasar.

“Ini pesan Pak Menteri, saya lagi buat konsep untuk bukan hanya di gedung, tapi ada mobile, kita mendatangi langsung ke pasar,” kata Maxi dilansir Antara.

Untuk proses vaksinasi itu, ia mengaku pihaknya saat ini sudah memiliki data sasaran vaksinasi kepada pedagang di pasar. Namun koordinasi dari bawah ke atas untuk sinkronisasi data menurutnya masih perlu dilakukan.

“Kami akan coba mengadakan membuat juga format untuk dikirim ke daerah, sambil menunggu itu, data-data yang kita cross check antara pemerintah pusat dan daerah pelaksanaannya harus sejalan,” katanya.(ant/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs