Sabtu, 25 Mei 2024

Pedagang Mulai Tempati Halaman Parkir Pasar Kembang sebagai Tempat Penjualan Sementara

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Pedagang mulai menempati halaman Pasar Kembang sebagai tempat berjualan sementara pada Kamis (26/8/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Pasca terjadi kebakaran yang menghanguskan hampir seluruh lantai dua Pasar Kembang pada Minggu (22/8/2021) kemarin, pedagang mulai menempati halaman pasar sebagai tempat berjualan sementara.

Jaini Humas PD Pasar Surabaya mengatakan, pemanfaatan halaman parkir sebagai tempat penampungan sementara ini, setelah dilakukan asesmen terhadap kelayakan lantai satu Pasar Kembang untuk bisa dipergunakan kembali.

Menurutnya, hasil asesmen menyatakan bahwa sisi utara lantai satu relatif aman dari efek kebakaran, dan pedagang sudah bisa kembali menempati stan-nya masing-masing.

Sementara untuk stan di sisi selatan lantai satu, yang lebih parah terkena imbas kebakaran, PD Pasar sudah menyiapkan tempat penampungan sementara bagi pedagang, dengan menggelar stan di halaman Pasar Kembang, mulai Kamis (26/8/2021).

“Tempat penampungan sementara ini juga diperuntukkan bagi semua stan yang ada di lantai dua. Teknisnya, halaman pasar digunakan bergantian sesuai jam buka stan lantai satu dan lantai dua,” kata Jaini.

Untuk stan lantai satu buka mulai pagi hingga sore hari. Sementara stan lantai dua khusus jajan pasar dan kue tradisional, buka mulai pukul 23.00 sampai pagi hari.

Jaini juga mengatakan pemilihan halaman Pasar Kembang sebagai tempat penampungan sementara ini sesuai kesepakatan pihak PD Pasar dengan para pedagang.

Sebelumnya PD Pasar menawarkan alternatif tempat penampungan dengan pilihan merelokasi pedagang ke Pasar Babakan, Pasar Tambah Rejo, atau di gedung kantor PD Pasar Surabaya.

“Namun pedagang lebih memilih halaman Pasar Kembang sebagai tempat penampungan sementara untuk berjualan,” lanjut Jaini.

Siti, salah satu pedagang mengatakan senang dengan dibukanya halaman Pasar Kembang mulai hari ini sebagai tempat penampungan sementara.

Sebelumnya, dia mengaku selama tiga hari setelah kebakaran ini, dirinya beserta puluhan pedagang lain membuka lapak di Jalan Wonorejo 3 atau Gang persis disebelah utara Pasar Kembang.

“Pelanggan lama banyak yang belum tahu lokasi stan sementara yang baru ini. Tapi pengunjung pasar sudah mulai ramai,” aku Siti

Dia juga mengeluhkan panasnya lokasi halaman Pasar Kembang ketika berjualan pada siang hari.

Mengenai masalah ini, Jaini mengimbau pedagang juga masyarakat pembeli, untuk bersabar. Karena PD Pasar sudah merencanakan pengadaan peneduh untuk halaman Pasar Kembang. (ton/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
33o
Kurs