Senin, 25 Oktober 2021

Pembangunan Jalur Kereta Api Mojokerto-Sepanjang Ditarget Rampung 2022

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dua jalur kereta api diantara stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang sudah bisa dipakai semua. Foto : istimewa

PT KAI menargetkan pembangunan jalur kereta api (KA) dari Mojokerto ke Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur, rampung pada 2022, dan saat ini dalam proses pengerasan.

“Alhamdulillah tidak ada kendala, dan saat ini proses pengerasan, kami harapkan selesai pada 2022,” kata Heri Siswanto Kepala PT KAI Daop 8 Surabaya, Sabtu (25/9/2021).

Heri mengakui, semua komponen pemegang kebijakan mendukung pelaksanaan pembangunan rel ganda di wilayah Mojokerto hingga Surabaya, termasuk Pemprov Jatim, sehingga diharapkan bisa segera selesai.

Dia menjelaskan, salah satu dukungan Pemprov Jatim adalah penyelesaian lahan di sisi kiri dan kanan rel, serta penyiapan lahan stasiun.

“Awalnya di situ kan single trak, dan akan menjadi dua jalur. Kami bersyukur, di pinggir kiri dan kanan sudah dibantu Pemrpov Jatim,” Heri menuturkan.

Dilansir dari Antara, jalur ganda KA merupakan salah satu Proyek Strategi Nasional (PSN) sesuai Perpres 109 tahun 2020. Pembangunan jalur ganda ada 2 segmen, yakni Utara Jawa dan Selatan Jawa.

Untuk Kota Mojokerto, termasuk lintas Selatan Jawa, mulai Cirebon-Proya-Jogja-Madiun- Mojokerto dan Surabaya. Sampai saat ini yang sudah selesai dikerjakan sekitar 575 km.

Untuk jalur Mojokerto-Surabaya (Wonokromo) masih menyisakan 40 km, dan sedang proses Mojokerto-Sepanjang sekitar 33 km. Kemudian Sepanjang-Wonokromo sekitar 7 km.(ant/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 25 Oktober 2021
34o
Kurs