Sabtu, 20 April 2024

Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Anjlok 65 Persen Akibat PPKM Darurat

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Kedatangan sejumlah penumpang Kereta Api Jarak Jauh di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Foto: Istimewa

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan terjadi penurunan jumlah pelanggan Kereta Api (KA) Jarak Jauh sebesar 65 persen sejak pemberlakuan PPKM Darurat oleh pemerintah.

“Penurunan ini menunjukkan bahwa masyarakat mulai membatasi pergerakan mereka sesuai arahan dan kebijakan pemerintah pada masa PPKM Darurat,” kata Joni Martinus VP Public Relations KAI, Selasa (6/7/2021) dalam keterangan tertulis yang dikutip Antara.

Joni mengatakan, pada tanggal 3- 5 Juli 2021 KAI telah melayani 51.363 pelanggan KA Jarak Jauh. Jumlah ini turun 50 persen dibanding pekan sebelumnya (26 -28 Juli 2021) sebanyak 104.072 pelanggan.

Pada 5 Juli KAI telah memberangkatkan 8.829 pelanggan KA Jarak Jauh, turun dibanding keberangkatan 4 Juli sebanyak 25.495 pelanggan.

Pada periode PPKM Darurat, KAI mengurangi perjalanan KA Jarak Jauh sebanyak 44 persen dari rata-rata 122 perjalanan per hari pada Juni, menjadi 68 perjalanan.

“KAI mendukung penuh kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah pada moda transportasi kereta api di masa PPKM Darurat ini untuk menekan laju penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Untuk membantu masyarakat melengkapi persyaratan perjalanan, KAI kembali menambah layanan vaksinasi gratis di stasiun, yaitu Stasiun Malang mulai 6 Juli 2021. Dengan demikian, kini terdapat 11 Stasiun yang menyediakan vaksinasi gratis khusus pelanggan KA Jarak Jauh yaitu: Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Jember, dan Malang

Adapun syarat untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 gratis antara lain berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket, KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan.

Khusus bagi ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapat penjelasan dari petugas kesehatan dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin.

“Pada periode 3-Juli 2021 KAI telah melakukan vaksinasi kepada 993 pelanggan KA Jarak Jauh di berbagai stasiun,” ujar Joni.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs