Jumat, 29 Maret 2024

Pemerintah Ingatkan Masyarakat Waspada Kenaikan Kasus Covid-19 Global

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri memberikan keterangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (8/5/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri mengatakan penyebaran Virus Corona di berbagai belahan dunia masih terjadi.

Sehingga, Pemerintah Indonesia dan seluruh masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Luar Negeri, siang hari ini, Sabtu (8/5/2021), sesudah menerima tambahan 1,3 juta dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca, di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Selain di India, lonjakan kasus infeksi Virus Corona juga tercatat terjadi di Thailand, Filipina, Pakistan, Kazakhstan, Malaysia dan Kamboja.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) periode 25 April sampai 2 Mei 2021, ada kenaikan kasus Covid-19 secara global lebih dari 5,7 juta kasus per pekan.

Peningkatan itu signifikan dibandingkan jumlah kasus yang terjadi pada enam bulan pertama pandemi.

“Dari laporan mingguan WHO minggu lalu sampai 2 Mei disebutkan bahwa jumlah kasus global dalam dua minggu melebihi kasus selama enam bulan pertama pandemi. Jumlah yang sangat tinggi, dengan lebih dari 5,7 juta kasus per minggu,” ujarnya.

Kata Retno, Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, mengalami lonjakan kasus baru tertinggi sampai 19 persen. Total kenaikan kasus baru di kawasan Asia Tenggara mencapai 47 persen dari kasus baru di seluruh dunia.

Lebih lanjut, Retno Marsudi meminta dukungan seluruh lapisan masyarakat untuk melindungi diri serta lingkungan dari ancaman penyebaran Covid-19.

Dukungan masyarakat, antara lain bisa dilakukan dengan cara ikut menyukseskan program vaksinasi nasional, dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
30o
Kurs