Sabtu, 20 April 2024

Pemerintah Izinkan Tarawih dan Salat Idulfitri di Luar Rumah

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Aturan protokol kesehatan di antaranya bermasker, jaga jarak yang ditaati seluruh jamaah saat mengikuti salat Iduladha di Masjid Hidayah, Pakis Tirtosari, Surabaya, Jumat (31/7/2020). Foto: Iping suarasurabaya.net

Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengatakan pemerintah memperkenankan masyarakat beribadah tarawih Ramadhan dan Idulfitri di luar rumah, namun dengan menerapkan dan melaksanakan protokol kesehatan sangat ketat.

“Kegiatan ibadah selama Ramadhan dan Idulfitri, yaitu tarawih dan shalat Idulfitri pada dasarnya diperkenankan, diperbolehkan. Yang harus diperhatikan protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan sangat ketat,” ujar Muhadjir di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Dia mengatakan untuk ibadah tarawih, jamaah harus terbatas pada lingkup komunitas, dalam arti jamaahnya saling kenal satu sama lain.

“Jadi, jamaah di luar mohon tidak diizinkan. Selain itu, diupayakan sesimpel mungkin, sehingga waktu tidak berkepanjangan, mengingat kondisi masih darurat,” katanya seperti dilansir Antara.

Untuk ibadah shalat Idulfitri, juga diterapkan hal yang sama, yakni diperkenankan beribadah di luar rumah, dengan jamaah terbatas pada lingkup komunitas.

Selain itu, juga dalam melaksanakan shalat Idulfitri masyarakat diminta menjaga agar tidak terjadi kerumunan, terutama saat akan menuju atau meninggalkan tempat ibadah, baik di lapangan atau masjid.

“Jadi, supaya menghindari kerumunan yang terlalu besar,” ujar dia.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs