Selasa, 28 September 2021

Pemerintah Mulai Berikan Vaksin Covid-19 untuk Penduduk Berusia 18 Tahun

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Vaksin Merah Putih. Foto: Ilustrasi

Pemerintah memasukkan kelompok masyarakat berusia 18 tahun ke atas dalam daftar target penerima Vaksin Covid-19 lewat program vaksinasi nasional.

Untuk tahap awal, pemberian vaksin kelompok masyarakat itu khusus di wilayah DKI Jakarta.

Pekan ini, Kementerian Kesehatan mengizinkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyuntikkan Vaksin Covid-19 kepada penduduk berusia 18 tahun ke atas.

Alasannya, kasus aktif di Jakarta masih tinggi, sedangkan angka penerima vaksin masih rendah. Padahal status Jakarta sebagai Ibu Kota Negara.

Siti Nadia Tarmizi Juru Bicara Pemerintah urusan Vaksinasi Covid-19 mengatakan, vaksin yang dipakai untuk penduduk berusia 18 tahun ke atas merek AstraZeneca.

“Vaksin untuk yang berusia 18 tahun ke atas pakai AstraZeneca,” ujarnya di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Walau pun penduduk berusia 18 tahun ke atas sudah masuk daftar penerima vaksin, Pemprov DKI Jakarta juga harus berkomitmen. Di antaranya, tetap memprioritaskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan, lansia, petugas layanan publik, masyarakat rentan, dan orang dengan gangguan jiwa.

Sementara, pemerintah pusat belum menentukan kapan penyuntikan untuk penduduk berusia 18 tahun ke atas berlaku secara nasional.

Kementerian Kesehatan sudah menyusun empat tahap pelaksanaan program vaksinasi Covid-19, dengan target 181 juta orang di seluruh Indonesia.

Tahap pertama dan tahap kedua mulai Januari sampai April 2021.  Sedangkan tahap ketiga dan tahap keempat mulai Mei 2021 sampai Maret 2022.

Sasaran vaksinasi Covid-19 tahap pertama adalah tenaga kesehatan, tenaga medis, tenaga penunjang serta mahasiswa kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Sasaran tahap kedua, petugas pelayanan publik TNI-Polri, aparat penegak hukum, para pekerja bidang perbankan, guru dan tenaga pendidik, wartawan, serta kelompok masyarakat berusia 60 tahun ke atas.

Kemudian, sasaran vaksinasi Covid-19 tahap ketiga, masyarakat kelompok rentan tertular dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi.

Vaksinasi tahap keempat, targetnya masyarakat dan pelaku perekonomian lainnya, sesuai ketersediaan vaksin. Berdasarkan data per 8 Juni 2021, penduduk Indonesia yang sudah menerima vaksin Covid-19 mencapai 40,3 juta orang.(rid/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
32o
Kurs