Sabtu, 11 Mei 2024

Pemerintah Resmi Tetapkan Idulfitri 2021 Kamis 13 Mei

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi - Melihat hilal untuk menentukan awal Ramadan dan Idulfitri. Foto: BMKG

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan Idulfitri 1442 Hijriah/2021 Masehi, hari Kamis (13/5/2021). Keputusan itu berdasarkan hasil Sidang Isbat yang berlangsung dari sore sampai petang hari ini, Selasa (11/5/2021), di Kantor Kemenag, Jakarta Selatan.

Sidang Isbat yang dipimpin Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama, digelar sesuai protokol pencegahan Covid-19. Penentuan Idulfitri diawali pemaparan posisi hilal awal Bulan Syawal 1442 Hijriah oleh Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Sesudah maghrib, tim menyampaikan laporan data hisab dan hasil rukyatul hilal dari 88 titik yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Kemudian, Menteri Agama mengumumkan hasil Sidang Isbat yang disepakati Pemerintah bersama Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR RI, serta perwakilan ormas berbasis Islam.

Tahun ini, karena seluruh perukyat Kemenag tidak melihat bulan baru atau hilal sebanyak dua derajat di atas ufuk, maka Bulan Ramadan disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal).

“Semua wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif antara minus 5,6 sampai dengan minus 4,4 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari. Jadi, sidang isbat secara bulat menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah jatuh pada hari Kamis 13 Mei 2021,” ucap Menteri Agama.

Seperti diketahui, Kemenag memadukan metode hitungan astronomi (hisab) dan melihat hilal secara langsung (rukyat) untuk menentukan tanggal 1 Syawal dalam kalender Islam.

Sebelumnya, dua organisasi masyarakat berbasis Islam terbesar di Tanah Air, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama sudah menetapkan tanggal Idulfitri tahun 2021.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah lebih dulu menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah hari Kamis (13/5/2021). Penetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Kemudian, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) juga menetapkan Idulfitri tahun ini jatuh pada hari Kamis (13/5/2021). Keputusan itu berdasarkan laporan pemantauan hilal Tim Lembaga Falakiyah PBNU.(rid/frh)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 11 Mei 2024
28o
Kurs