Kamis, 29 Juli 2021

BMKG Juanda: Cuaca Cerah Berawan Permudah Melihat Hilal

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Memantau hilal di pantai Nambangan Kenjeran, Surabaya. Foto: Denza / Dok suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca pada Senin (12/4/2021) di sebagian besar wilayah Surabaya dan Jawa Timur cerah berawan, kecuali di perbatasan Surabaya Selatan dan Surabaya Timur diprakirakan hujan ringan hingga sedang.

“Jika cuaca cerah berawan, nanti juga akan mudah melihat hilal secara langsung, salah satunya di pantai selatan Malang,” kata Oky Sukma Hakim prakirawan BMKG Juanda ketika dihubungi suarasurabaya.net.

Secara umum cuaca di sebagian besar wilayah Surabaya cerah berawan dengan suhu udara berkisar 25o-33o C. Hanya perbatasan wilayah Surabaya Selatan-Timur seperti Rungkut, Tenggilis, Kendangsari dan sekitarnya saat ini turun hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

“Masih ada potensi hujan dan angin kencang meski tidak sekencang kemarin,” ujarnya.

Sementara itu cuaca di perairan kata Oky juga masih kondusif dengan tinggi gelombang 1,05 meter di perairan selatan Jawa Timur, dan 0,25 meter di perairan Selat Madura.

Sedangkan cuaca untuk penerbangan ditambahkan Oky, juga masih kondusif, sehingga penerbangan dari Juanda berjalan lancar.

Diberitakan sebelumnya, Pengurus Wilayah Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (NU) Jatim akan memantau anak bulan atau hilal di 22 titik lokasi untuk menentukan awal Ramadan 1442 Hijriah, Senin (12/4/2021) hari ini.

Shofiyullah Ketua Lembaga Falakiyah NU Jatim bilang, saat pemantauan nanti, hilal diperkirakan berada di sisi utara titik barat dengan ketinggian tujuh derajat di atas ufuk.

Dia memprediksi, hilal berpotensi besar terlihat di sepanjang kawasan Pantai Utara Jatim dan Madura.

Namun, kata pria yang akrab disapa Gus Shofi itu, tidak tertutup kemungkinan tim yang memantau di kawasan Pantai Selatan juga berhasil melihat hilal.(frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Antrean Vaksinasi di Grand City Surabaya

Antrean Vaksinasi di Terminal 2 Juanda

Suasana Vaksinasi di Grand City

Surabaya
Kamis, 29 Juli 2021
32o
Kurs