Selasa, 7 Desember 2021

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh pada Selasa Besok 13 April 2021

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama dalam konferensi pers, Senin (12/4/2021). Foto: Tangkapan layar YouTube Kemenag RI

Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada hari Selasa (13/4/2021). Ini disampaikan Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama setelah melakukan sidang isbat.

“Dari sejak sore tadi kita mengikuti seminar tentang penetapan 1 Ramadhan 1442 Hijriah, dan baru saja kita menyelenggarakan sidang isbat yang dihadiri oleh perwakilan dari ormas-ormas Islam dan majelis ulama Indonesia dan beberapa perwakilan dari negara-negara sahabat,” ujar Yaqut dalam konferensi pers, Senin (12/4/2021).

Menurut Menag, 13 orang dibawah sumpah telah melihat hilal, sehingga dalam sidang isbat tidak ada perbedaan pendapat dalam memutuskan 1 Ramadhan 1442 Hijriah.

“Di sidang isbat tadi kami mendapatkan laporan sudah ada 13 orang yang dibawah sumpah menyaksikan bahwa hilal sudah dilihat , sehingga keputusan dari sidang isbat tadi tanpa ada perbedaan tanpa ada dissenting opinion bersepakat, dan kami menetapkan bahwa 1 Ramadhan 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 13 April Selasa besok ,” tegasnya.

Untuk itu, kata Yaqut, umat Islam sudah bisa melaksanakan shalat Tarawih pada malam ini, dan sahur.

“Malam ini sudah bisa melakukan shalat Tarawih dan nanti malam kita makan sahur. Setelah Subuh kita nanti akan mulai menjalankan ibadah puasa,” ungkapnya.

“Saya selaku menteri agama dan atas nama pribadi tentu saja mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada saudara-saudara muslim. Mari kita ciptakan suasana Ramadhan ini dengan kekhusukan dan ketenangan tanpa kita ciderai dengan hal-hal yang justru menjauhkan kita dari hikmah Ramadhan itu sendiri,” pungkas Yaqut.(faz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
26o
Kurs