Senin, 3 Oktober 2022

Pemkab Sidoarjo Sidak Posko PPKM Mikro

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Hudiyono PJ Bupati Sidoarjo bersama Forkopimda Sidoarjo melakukan sidak Posko PPKM Mikro di Bluru Kidul Regency, Rabu (10/2/2021). Foto: Denza suarasurabaya.net

Pada awal PPKM Mikro diterapkan, sudah ada sejumlah Posko yang berdiri menaungi sejumlah RT di Kabupaten Sidoarjo.

Dalam sidak yang dilakukan Hudiyono PJ Bupati bersama Forkopimda Sidoarjo di Posko PPKM Mikro di Bluru Kidul Regency hari ini, Rabu (10/2/2021), Posko yang sudah berdiri ini menjadi percontohan, karena kawasan desa Bluru Kidul termasuk desa zona merah.

Bluru Kidul Regency sendiri merupakan bagian dari Perumahan Bluru Kidul Permai. Ada 4 Rukun Warga dan 42 Rukun Tetangga di perumahan tersebut.

Posko dengan sejumlah petugas gabungan, TNI, Polri, Satpol-PP, Tenaga Kesehatan, dan Satgas Covid-19 Desa itu bagian dari one gate system.

Fungsinya untuk membatasi pergerakan warga, baik yang hendak masuk maupun keluar, selama pelaksanaan PPKM Mikro.

“Satu Posko itu menaungi dua RT, sebelahnya ada empat RT, kami buatkan satu posko,” kata Hudiyono di sela-sela sidak.

Posko yang sudah berdiri ini menjadi percontohan, karena kawasan desa Bluru Kidul termasuk desa zona merah. Foto: Denza suarasurabaya.net

Selain Bluru Kidul, ada sejumlah Posko PPKM yang didirikan Pemkab dan Forkopimda atas kerja sama warga setempat. Yakni di Desa Suko, Kecamatan Sidoarjo, dan dua posko di Kecamatan Waru.

Pemkab Sidoarjo menyuplai sejumlah perlengkapan pelindung diri seperti hazmat, masker dan hand sanitizer di setiap Posko PPKM Mikro.

Ada satu alat bantu pernapasan High Flow Nasal Cannula (HFNC) milik Pemkab Sidoarjo yang baru diadakan, turut disiagakan.

Selain itu, untuk sejumlah RT di Perumahan Bluru Kidul Permai Pemkab Sidoarjo juga menyuplai bantuan kebutuhan pokok bagi masyarakat.

Selama PPKM Mikro ini, Dinas Kesehatan Sidoarjo juga memfasilitasi 1.000 rapid test antigen untuk RT yang membutuhkan.

Hudiyono berharap, pendirian Posko PPKM Mikro ini dapat menjadi contoh bagi RT lain di Sidoarjo. Tidak harus dengan mendirikan posko mandiri, tapi menerapkan PPKM Mikro.

“Bukan poskonya, tapi pelaksanaan PPKM Mikro. Masyarakat kemudian jadi perhatian dengan wilayah sekitarnya. Ada tetangga atau keluarga yang kena, silahkan masyarakat memutuskan penerapan PPKM Mikro,” ujarnya.

Dia memastikan, Pemkab Sidoarjo akan membantu masyarakat dalam pelaksanaan PPKM Mikro di RT tempat mereka tinggal.(den/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Surabaya
Senin, 3 Oktober 2022
30o
Kurs