Minggu, 23 Januari 2022

Cakupan Vaksinasi Nakes Dosis 1 di Sidoarjo Sudah 100 Persen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19. Foto: Istimewa

Dokter Makhyan Jibril Al Farabi Staf Khusus Rumpun Kuratif Satgas Covid-19 Jatim mengatakan Kabupaten Sidoarjo jadi Kabupaten pertama di Jatim yang sudah mencapai presentase vaksinasi dosis 1 sebesar 100 persen. Dari 8980 nakes di Kabupaten Sidoarjo yang menjadi sasaran penerima vaksinasi tahap 1, semuanya sudah mendapat suntikan dosis 1.

“Alhamdulillah di Sidoarjo jadi kabupaten pertama di Jatim yang mencapai presentase vaksinasi dosis 1 sudah 100 persen,” terangnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Jumat (5/2/2021).

Tuntasnya vaksinasi dosis 1 ini lebih cepat dari target Kemenkes yang menargetkan pada tanggal 21 Februari. “Alhamdulillah di Sidoarjo tanggal 5 vaksinasi pertama selesai. Insya Allah dua minggu lagi kan pasti 100 persen vaksinasi yang kedua.”

Vaksinasi dosis dua direncanakan akan dilangsungkan dua minggu setelah vaksinasi dosis pertama.

Hingga hari ini, menurutnya, tidak ada laporan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang masuk. “Sejauh ini lancar, untuk keluhan KIPI yang berat tidak ada laporan.”

Untuk vaksinasi dosis 1 Jawa Timur berdasarkan rekap manual per tanggal 4 Februari sudah mencapai 82,04 persen, sedangkan rekap berdasarkan P-Care (Aplikasi BPJS Kesehatan untuk Vaksinasi Covid) sudah mencapai 67 persen.

Ia juga menambahkan, ada 37 kabupaten/kota di Jawa Timur yang cakupan vaksinasinya di atas 50 persen. Masih ada satu daerah yang cakupannya di bawah 50 persen yaitu Kabupaten Pacitan yang berada di angka 46,19 persen.

Sedangkan untuk Surabaya, angkanya sudah 87,78 persen.

“Hari ini kita lakukan koordinasi dengan daerah-daerah, untuk daerah yang cakupannya belum sampai 90 persen akan dipacu lagi supaya mencapai target,” tegasnya. (dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Minggu, 23 Januari 2022
33o
Kurs