Rabu, 21 April 2021

Pemkot Surabaya Siap Kirim Bantuan Bencana ke Probolinggo, Mensos Nitip

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat mengirimkan bantuan kebutuhan pokok dari Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos)untuk bencana di Kabupaten Probolinggo melalui Posko Surabaya Peduli Bencana di halaman balai kota, Minggu (28/2/2021). Foto: Humas Pemkot Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya siap mengirim bantuan untuk korban bencana banjir yang sedang melanda Kabupaten Probolinggo sejak Sabtu (27/2/2021). Tri Rismaharini Menteri Sosial sekalian menitipkan bantuan dari Kemensos untuk Probolinggo.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan, melalui Posko Surabaya Peduli Bencana Pemkot mengirimkan bantuan kebutuhan pokok untuk meringankan para korban. Pemkot Surabaya juga telah berkoordinasi dengan BPBD Probolinggo terkait kebutuhan yang urgent untuk dibantu.

“Kami kirim makanan. Tetapi tidak beras, ya, karena sudah cukup banyak. Jadi ini lauknya yang kita kirim seperti mie instan dan berbagai makanan lainnya,” ujar Eri Cahyadi seusai menerima bantuan dari Menteri Sosial (Mensos) di halaman balai kota, Minggu (28/2/2021).

Bantuan telur ayam, kata Eri, akan dikirim langsung dari distributor yang ada di sekitar wilayah setempat. Sedangkan bantuan sembako yang sudah disiapkan akan segera diberangkatkan menggunakan truk milik Pemkot didampingi personel dari BPB Linmas dan Satpol PP.

“Kita pakai kendaraan truk biar segera tiba di Probolinggo. Jadi barang-barangnya bisa langsung diterima warga yang ada di sana,” urainya.

Mendengar akan memberikan bantuan di Probolinggo, Tri Rismaharini Mensos yang kebetulan berada di Balai Kota Surabaya turut menitipkan bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Sebelumnya. di sela penyaluran bantuan Masker untuk Pemkot Surabaya di Balai Kota Surabaya, Risma menyatakan Kemensos kehabisan uang sehingga harus menghapus santunan untuk korban meninggal akibat Covid-19.

Soal titipan bantuan dari Kemensos itu, Eri Wali Kota Surabaya pun sangat bersedia. Pertimbangannya, itu adalah bagian dari bentuk kemanusiaan untuk saling bergotong-royong membantu saudara yang sedang membutuhkan. Menurutnya, semakin cepat bantuan itu tiba semakin baik, mengingat warga memang membutuhkan.

“Tadi memang kebetulan kami cerita akan mengirim ke Probolinggo menggunakan truk. Sekalian aja barang yang sudah disiapkan Kemensos yang ada di Gudang Dinas Sosial Provinsi Jatim dibawa sekalian,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Posko Surabaya Peduli Bencana Pemkot Surabaya rutin membuka donasi dan menyalurkan bantuan setiap ada peristiwa bencana di daerah lain. Beberapa waktu lalu, bantuan diberikan ke Kabupaten Mamuju, Majene Sulawesi Barat (Sulbar) lalu Kabupaten Jember, kini bantuan kebutuhan pokok siap diberangkatkan ke Kabupaten Probolinggo.(bid/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Rabu, 21 April 2021
25o
Kurs