Jumat, 29 Maret 2024

Pemkot Tetap Menggelar Resepsi Hari Jadi ke-728 Kota Surabaya dengan Prokes Ketat

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Kantor Pemerintah Kota Surabaya. Foto: Humas Kota Surabaya

Kota Surabaya genap berusia 728 tahun Senin (31/5/2021) besok. Di tengah Pandemi Covid-19, Pemkot Surabaya menggelar resepsi Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) dengan pembatasan dan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Masyarakat bisa mengikuti dan menyaksikan secara langsung resepsi HJKS besok secara virtual di sejumlah kanal media sosial milik Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Febriadhitya Prajatara Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya mengatakan, gebyar peringatan HJKS ke 728 ini berlangsung di halaman Taman Surya Balai Kota, mulai pukul 08.00 WIB.

Sebelum kegiatan berlangsung, lokasi acara dipastikan sudah melalui asesmen penilaian risiko dan mitigasi pengendalian Covid-19 oleh Tim Asesmen Satgas Pengendalian Covid-19 Surabaya.

“Jumlah kapasitas undangan yang disarankan 216 orang, dengan maksimal 225 orang. Untuk pelaksanaannya, kami atur jarak antar kursi undangan sekitar 1 meter,” katanya, Minggu (31/5/2021).

Febri bilang, semua undangan, peserta, pasukan, maupun pengisi acara, wajib melaksanakan protokol kesehatan.

Selain wajib pakai masker saat gladi dan pelaksanaan resepsi, seluruh peserta juga wajib menjaga jarak dan tidak membuat kerumunan.

“Bagi personel yang tidak terlibat dalam kegiatan gebyar resepsi, juga dilarang berada di dalam area resepsi selama acara berlangsung,” jelasnya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Sedangkan untuk jumlah personel kesatuan upacara, masing-masing kelompok juga dibatasi maksimal lima orang.

Baik pembawa lambang Kota Surabaya 5 personel, Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) 5 personel, Satpol PP 5 personel, Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) 5 personel, Dinas Perhubungan (Dishub) 5 personel, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) 5 personel, BPB dan Linmas 5 personel, PDAM 5 personel dan PD Pasar Surya 5 personel.

“Jadi totalnya ada sembilan kelompok kesatuan upacara yang masing-masing terdiri dari 5 personel. Dan, ditambah dengan 1 unit korsik (korps musik) dari BPB dan Linmas,” papar dia.

Selain kegiatan resepsi utama, Febri bilang, di akhir acara juga akan ada kegiatan penyerahan sertifikat kepada Wali Kota Surabaya oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) 1 dan BPN 2 Surabaya.

Kemudian, ada juga kegiatan penyerahan piagam penghargaan dari Wali Kota Surabaya kepada beberapa warga atau tokoh di Surabaya atas dedikasi dan prestasi yang mereka lakukan.

“Setelah resepsi utama selesai, Bapak Eri Cahyadi Wali Kota akan menyapa warga melalui virtual di Balai Kota. Warga bisa mengikutinya langsung melalui beberapa media sosial milik Pemkot Surabaya, yakni instagram dan youtube,” pungkasnya.(ton/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs