Rabu, 24 April 2024

Pencarian Sriwijaya SJ-182 Hari Keempat, 160 Penyelam Terjun ke Perairan Kepulauan Seribu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tim Penyelam TNI AL melakukan pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182, di Perairan Kepulauan Seribu, Selasa (12/1/2021). Foto: Farid suarasurabaya.net

Tim Gabungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), bersama TNI, Polri, BPPT, KNKT dan unsur masyarakat, masih melakukan pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Hari ini, Selasa (12/1/2021), proses pencarian memasuki hari keempat.

Tim TNI Angkatan Laut yang terdiri dari unsur Komando Pasukan Katak (Kopaska), Detasemen Jalamangkara (Denjaka), dan Dinas Penyelam Bawah Air (Dislambair), fokus melakukan pencarian di bawah laut.

Informasi dari Laksamana Yayan Sofyan Dansatgasla Ops Sriwijaya Air, total ada 160 orang penyelam yang bergantian melakukan pencarian bagian pesawat mau pun korban.

Tim penyelam juga menjadi ujung tombak untuk menemukan kotak hitam (black box) yang berisi data penerbangan pesawat, dan pembicaraan kabin pesawat antara pilot dengan co-pilot, kru pesawat dan menara pemantau.

Black box itu sangat penting untuk mengungkap penyebab kecelakaan pesawat tersebut.

Pukul 09.00 WIB, suarasurabaya berada sekitar 10 meter dari titik penyelaman. Ada sekitar 15 perahu yang membawa penyelam.

Operasi penyelaman bawah laut dimulai pukul 7.00 WIB pagi. Cuaca di sekitar lokasi terpantau mendung.

Ada tim penyelam yang menemukan serpihan badan pesawat warna biru, putih dan merah, lalu dikirim ke KRI Rigel.

Seperti diketahui, Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 hilang kontak dengan menara pengawas beberapa menit lepas landas, Sabtu (9/1/2021) siang.

Pesawat tersebut lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pukul 14.36 WIB, dan dijadwalkan mendarat di Bandara Supadio, Pontianak pukul 15.15 WIB.

Pesawat Boeing 737 seri 500 berpenumpang 50 orang plus 12 awak itu jatuh di perairan sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu.(rid/iss/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs