Minggu, 22 Mei 2022

Percepat Kekebalan Komunal, STTAL Surabaya Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Komandan STTAL Surabaya didampingi Warek 1 Unesa saat hadir di Serbuan Vaksinasi sambut HUT ke-76 TNI AL, Kamis (9/9/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Surabaya menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 di Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kawasan Lidah Kulon.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat terciptanya kekebalan komunal, sekaligus menyambut HUT ke-76 TNI AL yang jatuh pada 10 September.

Vaksin yang disuntikkan adalah vaksin Sinovac untuk usia 12 tahun ke atas. Kegiatan tersebut juga dalam rangka menyambut pembelajaran tatap muka di lembaga pendidikan.

Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil., Komandan STTAL menyampaikan, serbuan vaksinasi dalam jumlah besar ini, guna mendukung dan melaksanakan kebijakan Pemerintah yang menargetkan capaian pemberian 2,3 juta suntikan dosis vaksin per hari, baik untuk suntikan dosis 1 dan 2. Hal ini merupakan satu di antara upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, dan diharapkan dengan akselerasi vaksinasi 70 persen yang di suntik vaksin agar tercipta kekebalan komunal (herd immunity).

“Oleh sebab itu, percepatan dan peningkatan intensitas program vaksinasi massal di seluruh wilayah Indonesia yang menjadi prioritas pemerintah saat ini didukung penuh dan direalisasikan oleh TNI Angkatan Laut dengan mengerahkan komponen jajarannya di seluruh wilayah Indonesia dalam berupaya untuk terus dapat mempercepat laju vaksinasi,” kata Laksma TNI Avando.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa serbuan vaksinasi TNI Angkatan Laut di Unesa ini juga merupakan implementasi dari instruksi Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., Kepala Staf Angkatan Laut, untuk bersama-sama membantu pemerintah melaksanakan percepatan penanganan Covid-19.

Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes., Rektor Unesa yang diwakili oleh Wakil Rektor 1 Unesa, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., saat mendampingi Komandan STTAL mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada TNI AL dalam hal ini melalui STTAL.

“Target sasaran vaksinasi kali ini dari Keluarga Besar Civitas Akademika Unesa dan Siswa SMA Laboratorium Unesa serta masyarakat maritim sekitarnya, namun disiapkan vaksin lebih untuk mengantisipasi apabila ada yang langsung datang ke lokasi vaksinasi tanpa mendaftar dulu sebelumnya. Pada pelaksanaan Serbuan Vaksinasi TNI Angkatan Laut jenis Sinovac untuk usia 12 tahun ke atas ini didukung oleh vaksinator dari Tim Nakes Kodiklatal, yang dipimpin Kasatkes Kodiklatal Letkol Laut (K) dr. Iwan Sutanto, Sp., OT., M.Tr. Hanla., bekerja sama dengan Tim Nakes Poliklinik Unesa dan Bakes STTAL,” papar Seklem STTAL, Kolonel Laut (KH) Dr. Adi Bandono, M.Pd., Ketua Koordinator Vaksinasi STTAL.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 22 Mei 2022
28o
Kurs