Selasa, 18 Januari 2022

Permintaan Nihil, 1.000 Kantong Lebih Plasma Konvalesen Tersedia di UDD PMI Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Donor plasma Konvalesen di PMI Surabaya masih cukup ramai. Stok plasma Konvalesen masih aman, Kamis (6/5/2021). Foto: Totok suarasurabaya.net

Sampai Selasa (7/12/2021) malam, UDD PMI Surabaya mencatat nihilnya permintaan plasma konvalesen dari masyarakat maupun rumah sakit. Tersedia lebih dari 1.000 kantong plasma konvalesen.

“Sampai saat ini memang belum ada permintaan plasma konvalesen dari masyarakat maupun dari rumah sakit. Syukurlah. Di tempat kami tersedia lebih dari 1.000 kantong plasma konvalesen saat ini. Berlimpah memang,” terang dr. Wandai Rasotedja Kabag Humas dan Pelayanan UDD PMI Surabaya, Selasa (7/12/2021).

Wandai memastikan bahwa kondisi seperti ini memang patut disyukuri. Mengingat beberapa waktu sebelumnya stok plasma konvalesen pernah mengalami kekosongan. Bahkan PMI Surabaya sempat tidak ada stok persediaan sama sekali.

“Sedangkan permintaan saat itu sangat tinggi sekali. Kami mencatat setiap hari bahkan sampai lebih dari 100 permintaan plasma konvalesen. Untuk permintaan di hari sebelumnya belum seluruhnya terpenuhi, sudah ditambah permintaan di hari selanjutnya. Kondisi yang memang sangat memprihatinkan,” cerita Wandai.

Beruntung kemudian, lanjut Wandai banyak sekali warga masyarakat khususnya para penyintas Covid-19 yang mau menyumbangkan plasmanya. Seiring dengan terus melandainya jumlah orang yang terpapar Covid-19, semakin bertambah juga penyintas yang berdonor plasma konvalesen.

“Persediaan yang ada sekurangnya 1.300 kantong plasma konvalesen. Disimpan secara khusus di kantor unit donor darah (UDD) PMI Surabaya dan perkiraan kami bisa digunakan sampai setahun ke depan. Kami bersyukur stok persediaan cukup berlimpah,” pungkas Wandai.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
32o
Kurs