Rabu, 8 Mei 2024

Permintaan Plasma Konvalesen di PMI Surabaya Mulai Tercukupi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Penyintas Covid-19 diharapkan bersedia untuk mendonorkan plasma konvalesen. Meskipun saat ini permintaan mulai tercukupi. Foto: totok/dok. suarasurabaya.net

Layanan permintaan plasma konvalesen di PMI Surabaya, Sabtu (16/1/2021) mulai tercukupi. Ini terkait semakin banyaknya penyintas Covid-19 yang mau menjadi pendonor plasma konvalesen.

“Alhamdulillah sejak awal Januari hingga hari ini, perlahan-lahan permintaan plasma konvalesen dari masyarakat dapat kami penuhi. Memang belum semuanya. Tetapi sejak awal Januari 2021 ada perkembangan membahagiakan dengan semakin banyaknya penyintas Covid-19 yang mau menjadi pendonor,” terang dr. Martono Adi Kabag Humas dan Pelayanan PMI Surabaya, Sabtu (16/1/2021).

Dibandingkan dengan akhir tahun 2020 yang lalu, lanjut dr. Martono saat permintaan masyarakat terus meningkat, pihaknya sangat kesulitan untuk mendapatkan pendonor plasma konvalesen. Butuh waktu lebih dari dua hari bahkan seminggu untuk mendapatkan pendonor.

Untuk kebutuhan plasma konvalesen, pendonor bisa dibilang saat itu sangat minim bahkan bisa dibilang sangat jarang. “Kami memang sempat kesulitan mendapatkan pendonor. Butuh waktu sampai sekitar seminggu untuk mendapatkan seorang pendonor plasma konvalesen,” tambah dr. Martono.

Sedangkan kebutuhan plasma konvalesen saat itu cukup tinggi. Beberapa strategi dilakukan PMI Surabaya satu diantaranya dengan melakukan jemput bola pada masyarakat atau instansi yang pernah terpapar Covid-19. Screenning awal pada penyintas dilakukan PMI Surabaya dengan mendatangi langsung para penyintas.

“Kami kemudian memberikan jadwal kapan bisa hadir di kantor unit transfusi darah PMI Surabaya untuk bisa mengikuti donor plasma konvalesen. Ternyata lumayan menambah stok persediaan plasma konvalesen kami. Tapi memang langsung kosong lagi karena sangat dibutuhkan. Seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19,” kata dr. Martono.

Memasuki Januari 2021, lanjut dr. Martono masih dengan strategi jemput bola bagi penyintas Covid-19, ternyata membuahkan hasil. “Jumlah pendonor plasma konvalesen meningkat. Tentu saja hal ini menggembirakan bagi kami. Kalau sebelumnya butuh beberapa hari, saat ini ada saja pendonor plasma konvalesen yang berdonor,” kata dr. Martono.

Rata-rata sekitar 10 sampai 20 pendonor plasma konvalesen hadir di PMI Surabaya untuk melakukan donor plasma konvalesen setelah lolos dari screening awal dan pemeriksaan lanjutan yang memang harus dilakukan, sebelum donor.

“Kalau ada 20 pendonor, itu artinya kami memperoleh sekurangnya 60 kantong darah. Ini sangat memggembirakan bagi kami. Permintaan plasma konvalesen dari pasien Covid-19 akhirnya bisa terpenuhi meskipun masih juga ada yang belum. Tetapi paling tidak stok masih terjaga,” papar dr. Martono.

Namun demikian, dirtegaskan dr. Martono bahwa pihaknya tetap membutuhkan donor plasma konvalesen dari masyarakat khususnya penyintas Covid-19. “Karena kebutuhan akan plasma konvalesen ini masih sangat tinggi. Meskipun saat ini mulai tercukupi, tetapi kami tetap masih butuh donor plasma konvalesen,” pungkas dr. Martono.(tok/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
26o
Kurs