Sabtu, 20 April 2024

Polda Jatim Siagakan 20 Ribu Personel di Perbatasan Wilayah Selama PPKM Darurat

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
polisi-sekat-gelora-10-november-tambaksari Sejumlah personel polisi melakukan penyekatan di Gelora 10 November Tambaksari. Foto: Anton suarasurabaya.net

Kepolisian Daerah Jawa Timur menyiagakan 20 ribu personel di sejumlah titik perbatasan provinsi dengan Jawa Tengah dan Bali melalui Operasi Amanusa ll penanganan Covid-19 tahun 2021 yang digelar selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

PPKM Darurat mulai diberlakukan hari ini hingga 20 Juli 2021 dengan melibatkan 38 kabupaten/kota di Jawa Timur.

“Seluruh personel itu ditempatkan di delapan pos check point antarprovinsi, di tujuh titik,” ujar Inspektur Jenderal Polisi Nico Afinta Kapolda Jatim seperti dilansir dari Antara, Sabtu (3/7/2021).

Selain itu, para personel juga ditempatkan di 86 pos check point antarrayon atau kabupaten dan 25 pos pintu keluar jalan tol.

Lulusan Akpol 1992 itu mengungkapkan, sejak Jumat malam (2/7) pukul 00.00 WIB, pihaknya telah melakukan penyekatan di berbagai tempat dan perbatasan masuk wilayah Jatim.

“Polda Jatim melakukan pengendalian dan pembatasan mobilitas masyarakat. Pengendalian mobilitas adalah mengendalikan pergerakan orang yang menggunakan alat tranportasi yang melintas perbatasan provinsi, rayon, dan kabupaten,” kata perwira tinggi Polri berpangkat dua bintang itu.

Sementara pembatasan mobilitas, kata Irjen Nico, adalah membatasi pergerakan akan orang atau alat transportasi di suatu wilayah.

Polda Jatim bersama TNI dan Pemerintah Provinsi Jatim maupun daerah akan melakukan rekayasa lalu lintas, penutupan jalan, atau pengalihan serta patrol pada tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Misalnya tempat wisata.

“Kami juga melakukan sosialisasi dan penegakan protokol kesehatan. Kunci pelaksanaan PPKM darurat ini adalah sinergi, kerja sama, kompak, dan menyeluruh dari hulu ke hilir,” ujarnya.(ant/frh/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs