Selasa, 28 September 2021

Polri dan TNI Siap Bantu Suntikkan 400 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Per Hari

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri menegaskan, Polri dan TNI mendapat perintah dari Joko Widodo Presiden untuk membantu pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Hal itu bertujuan untuk mempercepat program vaksinasi nasional dengan target 181 juta penduduk, demi menciptakan kekebalan kelompok.

Dengan target satu juta dosis vaksin per hari, TNI-Polri siap menyuntikkan vaksin sekitar 400 ribu vaksin per hari. Sedangkan 600 ribu dosis vaksin dilaksanakan pemerintah daerah.

Penyataan itu disampaikan Kapolri pada Rabu (16/6/2021), sesudah rapat kerja dengan Komisi III DPR RI, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Polri akan terus melakukan upaya maksimal untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19, termasuk kegiatan vaksinasi massal. Untuk mencapai target satu juta dosis vaksin yang disuntikkan per hari, TNI-Polri akan melakukan akselerasi untuk menyuntikkan 400-500 ribu vaksin per hari,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jenderal Polisi Listyo Sigit bilang, personel TNI-Polri akan memperkuat posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro.

Penambahan petugas jaga itu merupakan upaya untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di zona merah dan kuning.

Sebelumnya, dalam rapat kabinet, Jokowi Presiden menginstruksikan supaya PPKM mikro terutama daerah yang risiko penyebarannya tinggi diperketat.

Secara khusus, Jokowi minta jajarannya mendisiplinkan tiga kegiatan masyarakat yang disinyalir memicu lonjakan kasus, yaitu kegiatan pariwisata, makan bersama di luar rumah, dan kerumunan di tempat umum.

Untuk akselerasi vaksinasi, Presiden memerintahkan penguatan koordinasi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta TNI-Polri.

Supaya bisa mencapai target vaksinasi satu juta dosis per hari pada bulan Juli, Presiden menugaskan pemerintah daerah menyuntikkan 600 ribu dosis per hari, dan TNI-Polri 400 ribu dosis per hari.(rid/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
32o
Kurs