Jumat, 29 Maret 2024

Prakiraan Cuaca di Jawa Timur Akhir Pekan Ini

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi Hujan. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di beberapa wilayah di Jawa Timur pada akhir pekan, pada Sabtu (31/7/2021) dan Minggu (1/8/2021).

BMKG meminta masyarakat mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada Sabtu (31/7/2021) siang hingga sore hari untuk wilayah Nganjuk, Trenggalek, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Situbondo.

BMKG Juanda juga meminta masyarakat mewaspadai gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter di perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim pada Sabtu besok. Apalagi kondisi cuaca di seluruh wilayah Perairan Jatim secara umum cerah berawan. Potensi hujan ringan-sedang dapat terjadi di Selat Madura bagian Barat dan Perairan Selatan Jatim.

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura diperkirakan berkisar antara 0,3 – 1,5 meter di Laut Jawa bagian timur antara 0,8 – 2 meter. Sedangkan di Samudera Hindia selatan Jatim tinggi gelombang berkisar 2,5 – 6,8 meter.

Sedangkan pada Minggu (1/8/2021) siang hingga sore hari, hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi diprediksi akan terjadi di wilayah Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Situbondo.

Untuk hari ini, Jumat (30/7/2021), cuaca di Jawa Timur diprakirakan cerah, berawan dan hujan ringan hingga sedang, dengan suhu udara 12 – 34 °C dan kelembaban udara 45-95%. Angin berhembus dari timur ke tenggara dengan kecepatan 5-30 km/jam.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs