Senin, 18 Oktober 2021

Presiden Luncurkan Program Paket Obat Covid-19 Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden pada Kamis (15/7/2021) pagi, meresmikan Program Paket Obat Covid-19 Gratis untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri karena terinfeksi Virus Corona, secara simbolis di Halaman Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Youtube Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Kamis (15/7/2021), meresmikan Program Paket Obat Covid-19 Gratis untuk masyarakat yang melakukan isolasi mandiri karena terinfeksi Virus Corona, secara simbolis di Halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Presiden mengatakan, untuk tahap awal akan dibagikan 300 ribu paket buat mereka yang isolasi mandiri di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Kemudian, 300 ribu paket lagi menyusul untuk daerah luar Jawa-Bali.

“Mulai hari ini, pemerintah akan membagikan paket vitamin dan obat untuk orang yang melakukan isolasi mandiri gratis di wilayah-wilayah yang berisiko,” ujar Jokowi.

Tiap paket berisi vitamin dan obat-obatan untuk konsumsi selama tujuh hari.

Paket Satu berisi vitamin untuk warga dengan hasil tes PCR positif tanpa gejala. Lalu, Paket Dua berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman (anosmia).

Paket Tiga berisi vitamin dan obat untuk warga yang positif Covid-19 disertai keluhan panas dan batuk kering.

“Untuk mendapatkan paket dua dan tiga, pasien perlu melakukan konsultasi dan mendapat resep dari dokter,” ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan paket obat Covid-19 itu tidak diperjualbelikan.

Obat dan vitamin dalam paketan itu diproduksi perusahaan farmasi milik negara.

Pendistribusiannya diatur Panglima TNI yang nantinya berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan perangkat tingkat desa, kelurahan, sampai RT.

Presiden meminta aparatur pemerintah melakukan pengawasan ketat di lapangan supaya program obat gratis bisa membantu mengobati warga yang terinfeksi Virus Corona.

Jokowi juga berharap, program itu tidak mengganggu ketersediaan obat esensial terapi penyembuhan Covid-19 di apotek maupun di rumah sakit.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 18 Oktober 2021
29o
Kurs