Sabtu, 20 April 2024

Presiden Pastikan Pemerintah Bantu Rekonstruksi Rumah Warga yang Rusak Akibat Gempa Bumi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden meninjau lokasi terdampak gempa bumi di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, sore hari ini, Kamis (29/4/2021), meninjau Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Desa tersebut merupakan salah satu lokasi terdampak gempa Magnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021).

“Sore hari ini saya berada di Desa Majangtengah, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur untuk meninjau lokasi terdampak gempa yang terjadi beberapa pekan yang lalu,” ujar Presiden.

Berdasarkan laporan yang diterima, Presiden menyebut sebanyak 1.716 rumah di Kabupaten Malang mengalami kerusakan, baik rusak berat, sedang, mau pun ringan, akibat gempa tersebut.

Presiden menegaskan, pemerintah akan memberikan bantuan kepada warga untuk merekonstruksi rumahnya yang rusak.

“Semuanya nanti akan dibantu dari pemerintah, yang rusak berat akan dibantu Rp50 juta, yang rusak sedang dibantu Rp25 juta, dan yang rusak ringan dibantu Rp10 juta. Kami harapkan nanti bisa segera dilaksanakan rekonstruksi,” jelasnya.

Sementara itu, untuk fasilitas umum yang mengalami kerusakan, Presiden bilang akan direnovasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pada kesempatan itu, Jokowi berharap kehidupan warga bisa segera kembali normal.

“Kami ingin agar kehidupan bisa normal kembali dan semuanya nanti di Kabupaten Malang segera dimulai dikerjakan dalam bulan Mei,” tandasnya.

Di lokasi itu, Presiden menyempatkan diri meninjau tenda trauma healing yang disiapkan bagi para warga terdampak.

Kepala Negara juga berinteraksi dengan sejumlah warga di hunian sementara yang didirikan warga di atas reruntuhan rumahnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan lokasi terdampak gempa antara lain Puan Maharani Ketua DPR RI, Basuki Hadimuljono Menteri PUPR, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, dan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs