Rabu, 21 April 2021

Presiden: Perdagangan Digital Harus Bermanfaat untuk Pengembangan UMKM

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan arahan dalam Rakornas Kementerian Perdagangan Tahun 2021, Kamis (4/3/2021), di Istana Negara, Jakarta. Foto: biro pers setpres

Joko Widodo Presiden pada Kamis (4/3/2021) siang, membuka Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan Tahun 2021, di Istana Negara, Jakarta.

Presiden mengatakan, perdagangan digital di Indonesia merupakan salah satu sektor yang perlu dikembangkan dan dikelola dengan baik.

Dalam forum itu, Kepala Negara mendorong jajarannya melalui Kementerian Perdagangan untuk menciptakan ekosistem e-commerce yang adil dan bermanfaat.

Selain itu, Jokowi mengingatkan, transformasi digital harus bisa menjaga kedaulatan dan kemandirian bangsa, supaya Indonesia tidak menjadi korban ketidakadilan dalam dunia perdagangan digital.

“Negara-negara lain banyak yang mengalami ketidakadilan. Indonesia tidak boleh menjadi korban perdagangan digital yang tidak adil,” ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden menegaskan, perdagangan digital harus bisa meningkatkan implementasi kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Kemudian, mendorong produksi dalam negeri untuk memberikan kemanfaatan bagi semua pihak terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia, dan para konsumen rumah tangga.

“Jangan hanya menambah impor. Saya senang impor turun, tapi jangan sampai yang turun itu di barang modal atau bahan baku. Yang turun itu di barang-barang konsumsi, itu bagus. Selalu saya lihat detail di Bea Cukai angka-angkanya setiap hari,” imbuhnya.

Menurut Jokowi, kekuatan digital harus dimanfaatkan untuk merangkai suplai dari UMKM di seluruh Indonesia, dengan pasar nasional dan pasar global.

“Perdagangan digital harus memberdayakan UMKM. Yang kecil-kecil kalau diangkat, diberikan peluang, saya melihat banyak sekali ada keripik usahanya rumah tangga bisa ekspor ke Korea, bisa ekspor ke Jepang. Kecil-kecil tapi kalau kita detail dan bekerja keras untuk mereka, ini juga bukan sesuatu yang sulit. Hanya diubah sedikit, kemasannya diperbaiki, brand-nya diperbaiki, didorong untuk ekspor,” katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden memerintahkan Menteri Perdagangan menyelesaikan masalah ketidakadilan dalam praktik perdagangan digital yang dialami pelaku UMKM dalam negeri.

“Pemerintah harus membela, melindungi, dan memberdayakan UMKM kita agar naik kelas, itu salah satu tugas terpenting Kementerian Perdagangan,” ucap Jokowi.

Presiden dengan tegas mengatakan, jangan sampai ada perdagangan digital yang mematikan UMKM.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Asap Kebakaran Semolowaru

Kecelakaan di Lawang

Truk Bermasalah di Trosobo

Eh Eh, Capek. Istirahat Dulu

Surabaya
Rabu, 21 April 2021
25o
Kurs