Kamis, 25 April 2024

Presiden Perintahkan Jajarannya Mengantisipasi Virus Corona Varian Mu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden menginstruksikan jajaran menteri dan kepala lembaga meningkatkan kewaspadaan pada potensi masuknya Virus Corona varian Mu dari luar negeri.

Dalam rapat kabinet terbatas, Senin (6/9/2021), Presiden secara khusus memerintahkan Menteri Perhubungan memperketat pemeriksaan di pintu-pintu masuk seperti bandara dan pelabuhan.

“Pak Menteri Perhubungan untuk memperhatikan secara detail dan terus waspada terhadap varian itu. Jangan sampai ini merusak capaian yang sudah kita lakukan,” ujarnya.

Jokowi menegaskan, pemerintah harus melakukan strategi pencegahan, supaya virus varian baru jangan sampai menyebar dan membuat angka kasus Covid-19 di Tanah Air kembali melonjak.

Sekadar informasi, organisasi kesehatan dunia (WHO) sudah memberikan perhatian pada virus varian Mu atau B.1.621.

Dari hasil penelitian sementara, WHO menyatakan varian Mu adalah hasil mutasi yang terindikasi bisa lebih tahan terhadap vaksin Covid-19 yang sudah diproduksi massal.

Menurut Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan Virus Corona varian Mu sampai sekarang belum terdeteksi di Indonesia.

Pernyataan itu merujuk hasil pemeriksaan sekitar tujuh ribu sampel menggunakan metode whole genome sequencing di berbagai daerah.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs