Minggu, 17 Oktober 2021

Progres Perbaikan Jalur Pantura Sudah 95 Persen

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Lubang di Jalur Pantura. Foto: Antara

Progres pengerjaan perbaikan ruas jalan Gresik-Lamongan-Tuban atau jalur Pantura (Pantai Utara) di Jawa Timur, dijelaskan oleh I Ketut Payun Astaka Pengawas Pelaksana Jalan (PPK) Nasional Wilayah 4 Jawa Timur Balai Besar 8, sudah mencapai 95 persen.

“Sudah mulai dari awal tahun ini kami dari PPK 4.5 Provinsi Jawa Timur melaksanakan perbaikan di Pantura dengan progres sampai saat ini 95 persen sudah ditangani lubang-lubangnya,” kata Ketut kepada Radio Suara Surabaya, Selasa (19/1/2021).

Pihaknya menargetkan dalam empat hari ke depan, pengerjaan lubang-lubang yang urgent di kawasan tersebut tuntas.

Penambalan dilakukan dengan cold miling.

“Untuk mengejar yang urgent-urgent terlebih dahulu, kita lakukan cold miling. Yang urgent-urgent kita patching (penambalan) ada di sebagaian wilayah Lamongan-Gresik dan Babat-Tuban. Yang rusak di –cutting terlebih dulu, terus kita lapisi aspal sebagai lemnya baru ditambahi campuran aspal baru kita padatkan,” jelasnya.

Diperkirakan usia jalan yang di-patching bertahan hingga satu tahun.

Untuk perbaikan untuk jalan permanen, kata Ketut, sedang dalam proses usulan ke pemerintah pusat. Untuk ruas Lamongan-Gresik, diusulkan dari KM 35-41 untuk tahun 2021. Sedangkan dari Babat-Tuban, perbaikan permanen diusulkan pada tahun 2022-2o23.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat yang melintas di KM 39-41 untuk berhati-hati karena banyak alat berat di lokasi tersebut.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Minggu, 17 Oktober 2021
29o
Kurs