Selasa, 23 April 2024

Ratu Elizabeth Peringati Hari Ulang Tahun ke-95 dalam Suasana Berkabung

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ratu Elizabeth dalam upacara pemakaman Pangeran Philip beberapa waktu lalu. Foto: dailystarpost.com

Ratu Elizabeth Inggris, kepala kerajaan tertua di dunia, berulang tahun ke-95 pada Rabu (21/4/2021). Namun tidak akan ada perayaan publik karena masih dalam suasana berkabung usai kehilangan Pangeran Philip, suaminya, yang telah menemaninya lebih dari 70 tahun.

Pangeran Philip meninggal dunia pada 9 April lalu dalam usia 99 tahun. Para anggota keluarga kerajaan menyampaikan penghormatan terakhir mereka pada sang kepala keluarga dalam acara pemakamannya di Istana Windsor.

Akibat pembatasan yang berlaku terkait Covid-19, ratu duduk seorang diri dalam proses kebaktian pemakaman Philip, yang disebutnya sebagai “sumber kekuatan dan ketegaran”.

Elizabeth akan berada di istana tepat di hari ulang tahunnya tanpa perayaan.

Meski demikian, setelah para anggota keluarga kerajaan melewati masa berkabung selama dua pekan, akan ada peringatan ulang tahunnya dengan lebih sedikit pertunjukan publik, tidak ada penghormatan senjata di Menara London maupun di taman Hyde ibu kota.

Sang ratu yang juga merupakan pemimpin kerajaan yang paling lama berkuasa di dunia ini memiliki hari ulang tahun resmi yang biasanya dirayakan dengan kemegahan yang lebih besar pada Sabtu kedua di bulan Juni.

Dengan kematian Philip, Elizabeth telah kehilangan sosok terdekat dan kepercayaannya, yang telah berada di sisinya selama 69 tahun masanya berkuasa. Kematiannya juga datang kala dia bergelut dengan salah satu krisis terbesar yang memukul keluarga kerajaan yaitu tuduhan rasisme dan pengabaian dari cucunya Pangeran Harry dan istrinya Meghan yang berkebangsaan Amerika.

Sejumlah surat kabar telah melaporkan bahwa anggota-anggota keluarga akan mengunjungi ratu dalam beberapa hari ke depan untuk memastikan dia tidak sendirian dalam masa berkabung mendiang suaminya.

Elizabeth, yang lahir pada 21 April 1926 di Jalan Bruton di pusat kota London, tumbuh besar tanpa perkiraan untuk menjadi ratu. Ayahnya, Raja George VI, menjadi penguasa monarki saat kakak nya Edward VIII turun tahta pada 1936 untuk menikahi perempuan Amerika Wallis Simpson, yang telah bercerai sebelumnya.

Elizabeth naik tahta pada tahun 1952 di usia 25 tahun dan melewati nenek buyutnya Ratu Victoria sebagai penguasa monarki Inggris terlama pada tahun 2015 lalu. Dia juga merupakan ratu bagi 15 bekas jajahan Inggris, termasuk Kanada, Australia, dan Selandia Baru. (ant/frh)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
32o
Kurs