Jumat, 26 April 2024

Ratusan Kendaraan Tempur TNI Berbaris di Depan Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ratusan Kendaraan TNI Berbaris di Depan Istana Merdeka Foto : Farid

Sehari menjelang peringatan ulang tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI), seratusan kendaraan tempur milik tiga matra parkir di sekitaran Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Pantauan SuaraSurabaya, Senin (4/10/2021), ratusan kendaraan tempur beragam jenis dan ukuran itu berbaris rapi, memenuhi sebagian Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, dan Jalan Merdeka Utara.

Berdasarkan keterangan Pusat Penerangan (Puspen) TNI, total ada 112 kendaraan tempur TNI yang ada di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta.

Terdiri dari dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, delapan unit Indonesia Light Strike Vehicle Armoured Personel Carrier, dua unit Rantis Bushmaster, dan 19 unit P6 All Terrain Assault Vehicle.

Kemudian, 24 unit kendaraan Rudal Mistral, dua unit Tank BTR 4, satu unit Aligator, dua unit Armoured Personnel Carrier Turangga, lima unit Multiple Launch Rocket System (RM 70 Vampire dan Tatrapan), dua unit Orlikon Skyshield, empat unit Multiple Launch Rocket System Astros, serta enam unit meriam Caesar 155 mm.

Rencananya, upacara peringatan ulang tahun ke-76 TNI akan digelar sederhana dan terbatas dengan protokol kesehatan, di Istana Kepresidenan Jakarta.

Kolonel Laut Edys Riyanto Kabidpenum Puspen TNI mengatakan, upacara peringatan ulang tahun TNI tahun ini juga dilaksanakan di seluruh satuan TNI, baik yang sedang bertugas di dalam negeri mau pun luar negeri secara daring.

“Besok, Selasa (5/10/2021), TNI juga akan melakukan aksi udara melibatkan 18 pesawat tempur dan delapan unit helikopter TNI, di atas langit Jakarta,” ujarnya dalam keterangan pers, Minggu (3/10/2021).

Menurutnya, selain unjuk kekuatan, gelar alutsista merupakan bentuk laporan penggunaan anggaran TNI kepada Presiden RI serta masyarakat.

Anggaran negara yang dipakai membeli alutsista, penting untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari berbagai macam ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs