Minggu, 5 Mei 2024

Razia Lapas Kelas I Surabaya, Petugas Gabungan Temukan Sajam Rakitan Hingga Kompor

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Razia lapas kelas 1 Surabaya, Sabtu (25/9/2021. Foto: Lapas Surabaya

Razia gabungan oleh 150 petugas di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Surabaya pada Sabtu (25/9/2021) malam berhasil mengamankan benda-benda terlarang, di antaranya senjata tajam rakitan, gergaji, hingga kompor minyak tanah.

Gun Gun Gunawan Kepala Lapas Kelas I Surabaya mengatakan, dalam operasi selama dua jam tim gabungan menyita puluhan benda terlarang, di antaranya kabel listrik yang tidak memenuhi standar, senjata tajam rakitan, gunting, charger, kartu remi, handphone, korek api, kipas angin. Dan yang paling mencolok adalah kompor minyak tanah, instalasi listrik liar, senjata tajam rakitan hingga gergaji.

“Kompor minyak tanah dan instalasi listrik liar sangat berbahaya karena bisa memicu kebakaran besar,” kata Gunawan seperti dilansir Antara.

Operasi gabungan dilakukan di blok A khusus kasus narkotika yang dihuni sebanyak 524 warga binaan. Personel yang terbagi ke dalam lima tim secara serentak menyisir habis lima wings yang ada di blok hunian tersebut, usai apel dibubarkan oleh kepala lapas.

“Keselamatan warga binaan adalah prioritas kami,” katanya.

Terkait gergaji, dia menegaskan, mereka segera memastikan siapa pemiliknya, juga memeriksa seluruh bagian lapas, juga untuk memastikan tidak ada pengerusakan dan tidak ada warga binaan yang hendak kabur.

“Regu pengamanan akan kami sebar untuk memastikan tidak ada pengrusakan, mengingat lapas ini luasnya 17 Hektare dan penghuninya mencapai 2.000 orang,” katanya.

Selanjutnya, ujar dia, mereka memanggil warga binaan yang bersangkutan serta memusnahkan barang temuan tersebut setelah dilakukan inventarisir oleh petugas.

“Kami tetap berkomitmen tidak akan pernah lelah dan terus bersinergi untuk membersihkan barang- barang yang masuk LP yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban,” ujarnya.(ant/dfn/rst)

 

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs