Selasa, 26 Oktober 2021

Rektor Baru Unitomo Siap Menjalankan Tugasnya Secara Transformatif

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pejabat baru dan pejabat Rektor Unitomo berjabat tangan. Foto: Humas Unitomo

Dr. Siti Marwiah, SH, MH, Rabu (2/6/2021) dilantik menjadi rektor ke-9 Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya periode 2021-2025. Dia bertekad menjalankan fungsinya secara transformatif sebagai Rektor.

Sebelumnya, Iyat sapaan Siti Marwiah menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum (2008-2017), dan Wakil Rektor 1 (2017-2021). Iyat menggantikan Dr. Bachrul Amiq, SH, MH yang habis masa jabatannya.

Dalam sambutannya, Iyat menyampaikan komitmennya untuk menjalankan kepemimpinan transformatif dalam memimpin Unitomo 4 tahun ke depan.

“Kami akan banyak memberi dorongan motivasi dan melakukan fungsi enabling terhadap seluruh elemen sivitas akademika, guna merangsang munculnya ide-ide baru untuk mengatasi setiap persoalan yang muncul, baik di lingkungan Unitomo sendiri maupun di tengah masyarakat pada umumnya, ” terang wanita kelahiran Pamekasan, 28 April 1968 ini.

Untuk itu, tambah Iyat, Unitomo harus makin mengoptimalkan dukungan infrastruktur teknologi informasi agar bisa berkompetisi secara paripurna di era Industrial Revolution 4.0 dan Society 5.0 ini.

“Ikhtiar ini sesuai dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digagas Mendikbud Nadiem Makarim, yang tujuannya antara lain menyiapkan mahasiswa agar bisa menjadi sarjana yang tangguh, adaptif, dan selaras dengan kebutuhan zaman, serta siap menjadi pemimpin di masa depan dengan semangat kebangsaan yang tinggi, ” tambah Iyat.

Dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19 acara pelantikan Rektor wanita pertama Unitomo dan para wakilnya ini hanya dihadiri kalangan terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Tampak hanya sekitar 100 undangan yang hadir di Auditorium Ki Moh. Saleh, tempat berlangsungnya acara di lantai 5 Gedung F Kampus Unitomo.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Selasa, 26 Oktober 2021
30o
Kurs