Jumat, 19 April 2024

Rendang Payakumbuh Ikut Andil di Indonesia Spice Of The World

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berbincang dengan Riza Falepi Wali Kota Payakumbuh saat kunjungannya ke Sentra IKM Rendang Payakumbuh, Kamis (22/4/2021) Foto: Antara

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mengungkapkan bahwa rendang (randang) dari Kota Payakumbuh, Sumatera Barat akan ikut andil dalam program Indonesia Spicy Of The World atau Indonesia Membumbui Dunia.

Menurutnya, program Indonesia Membumbui Dunia ini memang menjadi salah satu strategi untuk mempromosikan kuliner Indonesia di seluruh dunia.

“Salah satunya itu rendang, karena sudah ada The City Of Randang yakni Kota Payakumbuh ya kita usulkan, kami ingin Payakumbuh terlibat dalam program kita ini,” katanya saat mengunjungi langsung Sentra IKM Rendang Kota Payakumbuh dilansir Antara, Kamis (22/4/2021).

Sandiaga Uni hadir bersama Audy Joinaldy Wakil Gubernur, Fadli Zon Anggota DPR RI dan rombongan lainnya.

Melalui program ini, Sandiaga berharap bumbu-bumbu dan kuliner Indonesia bisa semakin dikenal dan diminati masyarakat luar negeri sehingga terasa multiplier effectnya pada penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku UMKM.

“Randang memang menjadi salah satu produk yang akan didorong dalam konsep Indonesia Incorporated. Kita akan promosikan Randang Sumatera Barat, khususnya Payakumbuh. Kemasannya tadi saat dicek sudah ada yang keren banget,” ujarnya.

Riza Falepi Wali Kota Payakumbuh, Erwin Yunaz Wakil Wali Kota Payukumbuh, Rizki Kurniawan Nakasri Wakil Bupati Limapuluh Kota, Hamdi Agus Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Letkol Kav. Ferry S Lahe , Dandim 0306/50 Kota, AKBP Alex Prawira Kapolres Payakumbuh, dan Suwarsono Kajari Payakumbuh turut hadir dalam acara tersebut.

“Karena tidak adanya standar produk saat itu, apalagi banyak sertifikat yang harus dipersiapkan mulai dari label halal, BPOM, ijin edar, hingga ISO. Bersyukurnya kami, Kementerian Perindustrian menyambut pemikiran ini dan akhirnya dapur bersama-sama ini bisa dibuat,” ujar Riza Falepi dalam kesempatannya.

Pada awalnya terdapat 22 UMKM Randang se Payakumbuh yang difasilitasi, dan berangsur hingga saat ini juga anggotanya sebagian kecil juga berasal dari Kabupaten Limapuluh Kota.

Kehadiran Sentra IKM Rendang berdampak besar kepada standar produk UMKM Rendang Payakumbuh mulai dari pengolahan, packaging, dan pemasaran. Sebab semua diajarkan di sentra ini agar bisa diterima di pasar nasional dan internasional.(ant/frh/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs