Kamis, 1 Oktober 2020

Kementerian BUMN: Produksi Vaksin Sinovac Seperti Memasak Rendang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Pekerja memberikan label pada vaksin di laboratorium PT Bio Farma (Persero), Bandung, Jawa Barat. Foto: Antara

Arya Sinulingga Staf Khusus Menteri BUMN menyampaikan, PT Bio Farma (Persero) segera mengerjakan proses bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac untuk menjadi produk akhir.

“Mengenai vaksin dari Sinovac. Jadi, Bio Farma mendapat bahan baku dari Sinovac, bahan baku ini akan diformulasikan, kemudian di-filling dan di-packaging. Nah, tiga proses ini yang dilakukan oleh bio farma,” ujarnya dikutip Antara, Sabtu (22/8/2020).

Dia menambahkan, setelah serangkaian proses terlewati, produk akhir itu bisa segera diberikan ke masyarakat. Dia ibaratkan proses vaksin Covid-19 layaknya membuat masakan rendang.

Potongan daging sapi bersama segala macam bumbu rendang mulai dari santan kelapa, cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai sampai jahe dimasukkan dalam suatu wadah.

“Kalau rendang Padang itu, kan, bahan bakunya daging nih. Nah di situ dipotong potong kecil, dikasih bumbu, dipanaskan sampai kering, jadilah rendang. Jadi bahan bakunya doang yang dari Sinovac. Yang bikin ‘rendangnya’ ya Bio Farma,” ucapnya.

Setelah itu, Bio Farma melakukan pengemasan yang selanjutnya akan diedarkan ke masyarakat.(ant/tin)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Bypass Krian arah Mojokerto Macet

Underpass Satelit arah Mayjen Sungkono Macet

Kemacetan di Manukan

Surabaya
Kamis, 1 Oktober 2020
29o
Kurs