Kamis, 25 April 2024

Kementerian BUMN: Produksi Vaksin Sinovac Seperti Memasak Rendang

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Pekerja memberikan label pada vaksin di laboratorium PT Bio Farma (Persero), Bandung, Jawa Barat. Foto: Antara

Arya Sinulingga Staf Khusus Menteri BUMN menyampaikan, PT Bio Farma (Persero) segera mengerjakan proses bahan baku vaksin Covid-19 Sinovac untuk menjadi produk akhir.

“Mengenai vaksin dari Sinovac. Jadi, Bio Farma mendapat bahan baku dari Sinovac, bahan baku ini akan diformulasikan, kemudian di-filling dan di-packaging. Nah, tiga proses ini yang dilakukan oleh bio farma,” ujarnya dikutip Antara, Sabtu (22/8/2020).

Dia menambahkan, setelah serangkaian proses terlewati, produk akhir itu bisa segera diberikan ke masyarakat. Dia ibaratkan proses vaksin Covid-19 layaknya membuat masakan rendang.

Potongan daging sapi bersama segala macam bumbu rendang mulai dari santan kelapa, cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, serai sampai jahe dimasukkan dalam suatu wadah.

“Kalau rendang Padang itu, kan, bahan bakunya daging nih. Nah di situ dipotong potong kecil, dikasih bumbu, dipanaskan sampai kering, jadilah rendang. Jadi bahan bakunya doang yang dari Sinovac. Yang bikin ‘rendangnya’ ya Bio Farma,” ucapnya.

Setelah itu, Bio Farma melakukan pengemasan yang selanjutnya akan diedarkan ke masyarakat.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs