Sabtu, 15 Mei 2021

Rini Indriyani Mengajak Perempuan Bangkitkan Semangat Kartini untuk Melawan Pandemi

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Atas nama Ketua Penggerak PKK Kota Surabaya,Rini Indriyani Eri Cahyadi, mengucapkan selamat Hari Kartini. Semoga Kartini masa kini bisa jadi menjadi penerang dikala masa-masa gelap yang tak menentu seperti saat ini, di tengah pandemi covid- 19. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah. Foto : Manda suarasurabaya.net

Hari Kartini tahun ini masih sama seperti tahun lalu awal pandemi melanda. Di masa pandemi saat ini, peran Kartini semakin dibutuhkan baik dalam masyarakat maupun keluarga. Dalam peran domestik, situasi pandemi membuat anggota keluarga menghabiskan banyak waktu di rumah.

Menyikapi Hari Kartini saat pandemi, Rini Indriyani Eri Cahyadi mengatakan, perempuan saat ini dituntut menjadi perempuan yang pandai, berani, dan bermoral, karena ini adalah jalan dan cita mulia yang diperjuangkan oleh Kartini. Peringatan Hari Kartini pada masa pandemi dengan menggelorakan semangat Kartini dengan cara berbeda.

“Mari kita teladani sekaligus melestarikan nilai-nilai perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan nasib kaumnya di tengah wabah Covid-19,” kata Rini.

Istri Wali Kota Surabaya ini mengatakan, Kartini merupakan sosok pejuang yang bersusah payah mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan yang tertindas. Perjuangan R.A. Kartini dalam hal kesetaraan gender menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia. Berkat upaya keras Kartini, perempuan turut memiliki kesempatan mengenyam pendidikan yang lebih baik.

“ Sama seperti kesulitan yang dihadapi Kartini, pandemi tidak lantas menurunkan peran perempuan untuk menjadi pejuang. Spirit perjuangan Kartini saat ini harus kita implementasikan dalam dunia nyata bukan hanya simbol saja. Masa pandemi seperti ini, haruslah kita mendahulukan kerjasama, empati yang kuat, saling support dan saling berpegang tangan erat,” tegasnya.

Rini mengingatkan, meski ditengah pandemi Covid-19 kaum perempuan hendaknya tidak melupakan hari bersejarah ini. “Saya, atas nama Ketua Penggerak PKK Kota Surabaya, mengucapkan selamat hari Kartini. Kartini adalah spirit bersama untuk menghapus kesenjangan, ketidakadilan, ketimpangan, dan menjadi penerang dikala masa-masa gelap yang tak menentu seperti saat ini, di tengah pandemi covid- 19. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah,” pungkasnya. (man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Wadungasri Macet

Kecelakaan di Gunungsari

Kecelakaan di Manyar Gresik

Truk Terguling, Solar Menggenangi Jalan

Surabaya
Sabtu, 15 Mei 2021
33o
Kurs