Jumat, 26 April 2024

RSU Dr Soetomo Mengalami Kenaikan Pasien Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas medis beraktivitas di luar Ruang Isolasi Khusus (RIK) yang merawat pasien WNA asal China di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020). Foto: Antara

Dr. dr Joni Wahyuhadi, Sp.Bs Direktur RSU Dr. Soetomo mengatakan pasien Covid-19 yang dirawat di RSU Dr. Soetomo mengalami kenaikan dalam kurun waktu terakhir.

“Jadi kemarin pasien cukup banyak yang kita rawat sekitar 176 pasien covid. Bulan lalu turun 60-80, sekarang sangat banyak 176 pasien,” kata dokter Joni saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Minggu (3/1/2021).

Diakuinya, suasana di IGD seperti kembali pada bulan Juni-Juli lalu, di mana banyak pasien datang, dan menunggu untuk dapat mendapatkan perawatan selanjutnya.

“Di IGD banyak yang datang. Laporan sampai tadi malam ada 8 di IGD yang menunggu masuk ruang isolasi,” lanjutnya.

Lebih lanjut pihaknya menjelaskan mekanisme pemeriksaan pasien yang datang di IGD.

“Mekanismenya setelah pasien datang di IGD dilakukan screening kemudian ditetapkan low, moderate atau high risk. Kalau dia moderate dan high risk, pemeriksaannya lebih macam-macam, ada swab antigen, ada PCR, ada thorax. Itu perlu waktu,” jelasnya.

Ruang isolasi yang ada di RSU Dr. Soetomo, dijelaskannya, secara keseluruhan dibagi ke dalam tiga kategori yaitu high care, low care, intensif care. Total ada 233 ruangan, sedangkan yang masih dalam renovasi ada 20. “Cukup banyak sebenarnya, cuma harus hati-hati memilahnya sesuai kebutuhan layanan pasien.”

Ia kembali mengimbau agar masyarakat untuk tertib dan disiplin menerapkan 3M.

“Dalam suasana seperti ini perawat dan dokter pasti lelah, mohon masyarakat untuk tertib dan disiplin menerapkan 3M,” imbaunya.

Sedangkan untuk pasien non covid, pihaknya meminta agar pasien elektif bersabar untuk mendapat penanganan karena kasus terkonfirmasi kembali naik.

“Karena sekarang kasus naik lagi, pasien elektif yang betul-betul sifatnya urgent mohon sabar karena kita sedang konsentrasi pada yang covid, karena jumlahnya seperti yang masyarakat tahu. Sehingga tindakan operasi elektis kita mohon waktu sebentar, yang urgent akan segera dilakukan tindakan,” pungkasnya.(dfn/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
32o
Kurs