Kamis, 28 Oktober 2021

RSUD dr. Soetomo Surabaya Buka Lowongan Relawan Transporter dan Pemulasara Jenazah

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Depo jenazah di RSUD dr. Soetomo Surabaya. Foto: rsudrsoetomo

Selain melayani pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 yang meninggal di rumah sakit, RSUD Dr. Soetomo Surabaya juga melayani pemulasaraan jenazah yang berasal dari kiriman Dinas Sosial dan Puskesmas di Surabaya dan sekitarnya.

Data mulai bulan Januari sampai 28 Juni 2021 mencatat, RSUD dr. Soetomo telah menerima sebayak 93 jenazah. Jumlah terbanyak ada di pekan terakhir bulan Juni 2021 dengan rata-rata 5 jenazah per hari.

Peningkatan ini berdampak pula pada penambahan pemulasaraan jenazah pada pekan terakhir bulan Juni 2021, dengan rata-rata 15-20 jenazah per hari. Hal ini tentu memakan waktu yang lama dalam penyelesaian pemulasaraan yang rata-rata tiap jenazah memerlukan waktu 1,5-2 jam.

Dalam upaya memberikan pelayanan jenazah yang layak, dibutuhkan peran dari pemulasara dan transporter jenazah.

RSUD Dr. Soetomo membuka lowongan relawan transporter dan pemulasara jenazah sebanyak 15 orang.
Syaratnya:
– Laki-laki, sehat jasmani dan rohani;
– Usia maksimal 35 tahun;
– Pendidikan minimal SMA sederajat.

Dalam keterangan di situs https://rsudrsoetomo.jatimprov.go.id, kepada calon relawan yang berminat dan memenuhi kriteria akan diberikan pelatihan dasar pemulasaraan dan transport jenazah penyakit menular, hingga aman bagi yang bersangkutan dan orang di sekitarnya.

Selain itu untuk memberikan pelayanan yang manusiawi dan mempercepat layanan, RSUD Dr. Soetomo membuat Depo Jenazah untuk pasien Covid-19. Jenazah pasien Covid-19 ditempatkan dalam satu ruangan di Bagian Forensik, diidentifikasi, dan dilakukan pemulasaraan. Jenazah juga akan disholatkan dengan urutan berdasarkan pada waktu kematian.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 28 Oktober 2021
26o
Kurs