Senin, 18 Oktober 2021

Mengurai Penumpukan Pasien di IGD, RSUD Dr. Soetomo Tambah Ruangan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Petugas medis beraktivitas di luar Ruang Isolasi Khusus (RIK) yang merawat pasien WNA asal China di RSUD dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/1/2020). Foto: Antara

Rumah sakit Dr. Soetomo membuka enam ruangan untuk mengurai penumpukan pasien di IGD kata dr. Pesta Parulian Manurung Kepala Humas RSUD dr. Soetomo kepada Suara Surabaya, Minggu (27/6/2021) pagi.

“Kita sudah buka enam ruangan untuk mengurai penumpukan pasien di IGD dan mudah-mudah signifikan berkurang walaupun masih ada yang tertinggal di IGD,” katanya.

Penambahan enam ruangan perawatan baru ini menindaklanjuti penumpukan pasien di IGD pada Sabtu (26/6/2021) malam.

Sebelumnya, Antara melaporkan RSUD dr. Soetomo menerima tambahan ratusan pasien terkonfirmasi Covid-19, pada Sabtu malam hingga sempat mengakibatkan terjadinya penumpukan pasien di depan ruang instalasi gawat darurat.

“Hari ini di IGD hampir 170-an pasien Covid-19 yang sempat membuat adanya penumpukan karena menunggu hasil skrining. Tapi, saat ini sudah terurai,” ujar dr. Pesta kemarin malam.

Tidak hanya membuka enam ruangan, RSUD dr. Soetomo juga meredesain gedung parkirnya untuk penanganan pasien Covid-19.

Gedung parkir tiga lantai ini per lantainya terdapat 50 kamar. Sehingga mampu menampung hingga 150 pasien.

Dia memastikan, gedung parkir ini sesuai dengan standar penanganan Covid-19.

“Semua ruangan bertekanan negatif dan semuanya akan beroksigen sentral. Itu (gedung parkir, red) ada di area instalasi layanan penyakit menular dr Soetomo,” jelasnya.

Penggunaan gedung parkir diharapkan dapat dimulai dalam waktu dekat.

“Itu sudah berjalan dari hari Selasa kemarin dan mudah-mudahan dalam minggu ini bisa digunakan karena 24 jam pengerjaannya,” kata dr. Pesta.(dfn/rst)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 18 Oktober 2021
28o
Kurs