Kamis, 28 Maret 2024

Satu Juta Vaksin AstraZeneca dari Jepang Dikirim ke Indonesia

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Penyerahan secara simbolis 13 kontainer yang memuat sekitar 1 (satu) juta dosis Vaksin AstraZeneca bantuan dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia di Bandara Narita, Jepang. Foto: KBRI Tokyo

Tri Purnajaya Wakil Kepala Perwakilan RI di Tokyo selaku Ketua Satgas Diplomasi Vaksin KBRI Tokyo bersama Hajime Ueda Direktur Second Southeast Division Kemlu Jepang secara simbolis melepas 13 kontainer memuat sekitar satu juta dosis Vaksin AstraZeneca bantuan dari Pemerintah Jepang untuk Indonesia dari Bandara Narita, Jepang, Kamis (1/7/2021).

Selain menyampaikan apresiasi Indonesia kepada Jepang, Tri Purnajaya juga menyebutkan pengiriman vaksin itu adalah cerminan kuatnya hubungan kedua negara sebagai negara sahabat sekaligus mitra strategis maupun dalam konteks people-to-people.

Hajime Ueda menyampaikan harapan Pemerintah Jepang agar kerja sama pengiriman vaksin ini dapat berkontribusi bagi upaya Pemerintah Indonesia dalam melakukan penanganan Pandemi Covid-19, sekaligus memperkuat kerja sama antara kedua negara.

Vaksin yang diberangkatkan menggunakan penerbangan Japan Airlines JL725 itu dijadwalkan tiba di Bandara Soekano Hatta Kamis sore.

Pengiriman vaksin dari Jepang ini merupakan bagian dari Diplomasi Vaksin Indonesia untuk memperjuangkan jaminan akses yang adil terhadap vaksin yang aman, efektif, dan berkualitas di seluruh negara dan kawasan.

Tujuannya, untuk mewujudkan cakupan kesehatan semesta (Universal Health Coverage) yang dilakukan secara bilateral maupun mekanisme multilateral melalui COVAX.(faz/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
28o
Kurs