Sabtu, 13 Agustus 2022

Satu Kasus Infeksi Varian Omicron Transmisi Lokal Terdeteksi di Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Siti Nadia Tarmizi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (kiri) dalam siaran langsung di Youtube Kementerian Kesehatan, Selasa (28/12/2021). Foto: Tangkapan layar

Kementerian Kesehatan menemukan kasus transmisi lokal Covid-19 Varian Omicron pertama yang terdeteksi di Indonesia.

Siti Nadia Tarmizi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan mengungkapkan, seorang yang terinfeksi laki-laki berusia 37 tahun.

Pasien itu tidak punya riwayat perjalanan luar negeri dalam beberapa bulan terakhir, dan tidak pernah kontak langsung dengan pelaku perjalanan internasional.

Dalam keterangan pers, siang hari ini, Selasa (28/12/2021), di Jakarta, Dokter Siti menjelaskan, pasien yang berdomisili di Medan, Sumatera Utara, sebulan sekali berkunjung ke Jakarta.

Pasien diketahui datang ke Jakarta tanggal 6 Desember. Lalu, tanggal 17 Desember dia sempat ke restoran di daerah Jakarta Selatan. Kemudian, tanggal 19 Desember hasil tes antigennya positif Covid-19.

Berdasarkan pemeriksaan whole genome sequencing tanggal 28 Desember, ternyata hasilnya positif terinfeksi Varian Omicron.

“Ada satu kasus transmisi lokal Omicron di Indonesia. Pasien tinggal di Medan, ke Jakarta sebulan sekali. Dari data, dia tiba di Jakarta 6 Desember kemudian 17 Desember sempat mengunjungi salah satu restoran di SCBD, dan 19 Desember melakukan tes antigen dinyatakan positif,” ujarnya.

Sekarang, pasien tersebut menjalani isolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta.

Dengan adanya tambahan satu orang yang positif Omicron, per hari ini tercatat ada 47 kasus infeksi Virus Corona B.1.1.529 di Indonesia.

Dokter Nadia menyatakan, para pasien yang terpapar varian Omicron ada di Jakarta. Sebagian besar isolasi di Wisma Atlet Kemayoran, dan dua pasien di RSPI Sulianti Saroso.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langir Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Sabtu, 13 Agustus 2022
24o
Kurs